Flaviano Belo Correia Freitas, Domingos (2009) Komposisi Musik "Kyrie Eleison" dalam Koreografi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (7MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (49MB) | Request a copy |
Abstract
Semakin luasnya perkembangan musik saat ini, akan semakin membuka peluang besar bagi para pemusik baik musisi maupun komposer untuk berkarya dalam meningkatkan kualitas musikalitasnya. Tidak hanya dalam dunia musik, melainkan dunia seni lainnya dapat juga dikembangkan. Dalam hal ini musik tari sebagai dunia seni pertunjukan juga sebagai lahan .untuk berkarya. Proses sebuah karya seni merupakan pengalaman peningkatan kualitas menuju kesempurnaan. Penerapan musik dalam kehidupan sehari-hari sangat fungsional. Musik dalam kenyataannya dapat dipadukan atau difungsikan untuk mendukung karya seni lain, salah satunya seperti karya koreografi tari. Musik vokal Kyrie E/eison dalam hal ini bersifat sebagai pendukung dalam mengiringi gerak tari secara ritmis, selain itu bersifat sebagai ilustrasi dan kombinasi keduanya secara hannoni. Karya komposisi musik Kyrie Eleison dalam koreografi adalah salah satu karya musik vokal sebagai pendukung tari yang ide dan gagasan penggarapannya diilhami oleh unsur-unsur religius. Dalam kepercayaan umat Katolik peristiwa Jalan Salib merupakan sebuah devosi ungkapan hati umat manusia dalam memperingati penebusan Yesus yang wafat di kayu salib demi menebus dosa umat manusia. Dengan penebusan akan dosa umat manusia maka sebagai umatNya sepatutnya kita selalu memohon belas kasihan terhadap dosa yang kita lakukan di dunia ini dengan menyebutkan "Tuhan Kasihanilah Kami" atau Kyrie Eleison. Karya koreografi Kyrie Eleison diciptakan sebagai wujud perenungan untuk umat manusia dalam menghayati makna Salib bagi kehidupannya. Wujud yang diciptakan berupa gerak-gerak tari yang menyimbolkan makna Salib serta unsur yang terkait dengan peristiwa Jalan Salib dan gereja Katolik. Musik dalam hal ini menguraikan bahwa, dari hasil penelitian dan pengamatan lapangan, ditemukan beberapa teknik penggarapan yang memudahkan .untuk menggarap musik tari diantaranya menggunakan cara pengelompokkan motif-motif gerak tari maupun musik, melakukan komunikasi dalam mengamati setiap bagian-bagian musik. Menggunakan teknik-teknik vokal dalam tujuh bagian musik yang terdapat pada koregrafi untuk membangun suasana penari seperti menggunakan dinamika, glissando, accent dan sebagainya. Tugas akhir ini sebagai bentuk apresiasi untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam hubungannya dengan dunia koreografi, khususnya musik vokal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENI MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | musik vokal, koreografi, Kyrie Eleison | |||||||||
Subjects: | Seni Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | |||||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2023 02:48 | |||||||||
Last Modified: | 01 Nov 2023 08:10 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15471 |
Actions (login required)
View Item |