Iringan dalam Kesenian Wayang Wong di Desa Tutup Ngisor Kabupaten Magelang Suatu Kajian Musikologi

Setowiwoho, Setowiwoho (2009) Iringan dalam Kesenian Wayang Wong di Desa Tutup Ngisor Kabupaten Magelang Suatu Kajian Musikologi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan musik iringan wayang wong berikut analisis bentuk dalam iringan kesenian wayang wong di desa Tutup Ngisor kabupaten Magelang. Dalam karya tulis ini secara deskriptif mengenai fungsi dari iringan wayang wong dan beberapa elemen yang terkait dalam iringan tersebut, serta penyajiannya dengan metode kajian musikologis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bentuk musik dalam iringan wayang yang dianalisis dengan metode kajian musikologi untuk upacara kesuburan di desa Tutup Ngisor kabupaten Magelang mengunakan perangkat game/an Jawa yang terdiri dari kendang, bonang, saron, peking, demung, slentem, ketuk, kenong, kempul, dan gong. Di dalam game/an tersebut menggunakan laras slendro, perlu diketahui bahwa laras slendro merupakan tangga nada dengan urutan nada-nadanya: 1 2 3 5 6 i. Urutan nada-nada ini di dalam musik diatonis identik dengan tangga nada C Es F G Bes C, adapun jarak nadanya yang satu dengan nada yang lainnya samaatau dalam musik barat laras merupakan tangga nada. lringan wayang wong terdiri dari gendhing­ gendhing alit, seperti; lancaran, ladrang, bubaran , dan lainya. Iringan ini dalam tempo yang berubah-ubah, menggunakan sukat 4/4 dengan tema lagu yang diulang-ulang. Dalam iringan harmoni tidak seperti dalam aturan-aturan musik barat, akan tetapi iringan wayang wong lebih ditekankan di dalam ritme dari perangkat gantelan. Iringan ini pada dasamya jumlah biramanya bebas karena tergantung yang memainkannya. Di dalam iringan tersebut hanya ada satu tema pokok lagu atau pengulangan kalimat lagu, dan sampai akhir dari iringan dalam kesenian wayang wong maka iringan tersebut intinya termasuk lagu dalam satu bas;ian. Yang terdiri dari tiga bagian yaitu : bagian pertama yang disebut introduksi yang merupakan jembatan untuk masuk dari tema iringan tersebut, bagian kedua nerupakan tema pokok yang tediri dari satu tema yang diulang­ ulang, dan bagian ketiga adalah coda atau penutup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Setowiwoho, Setowiwohonim0210780 013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorChristinus, Kristiyantonidn0031015902
ContributorKustap, Kustapnidn0001076707
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: kajian, musikologis, iringan
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:27
Last Modified: 01 Nov 2023 08:06
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15479

Actions (login required)

View Item View Item