Upaya Pelestarian Dolalak Gaya Kaligesingan oleh Kelompok Kesenian Kridha Utama di desa Seren kecamatan Gebang Purworejo

Ely Rusnawati, Titin (2008) Upaya Pelestarian Dolalak Gaya Kaligesingan oleh Kelompok Kesenian Kridha Utama di desa Seren kecamatan Gebang Purworejo. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Kabupaten Purworejo memiliki kesenian Dolalak yang ada sejak jaman nenek moyang mereka. Kesenian yang Dolalak terbagi menjadi dua gaya yaitu kesenian Dolalak gaya Kaligesingan dan kesenian Dolalak gaya Mlaranan. Kesenian Dolalak gaya Kaligesingan tumbuh lebih awal dan kesenian ini mencerminkan kepribadian masyarakat Purworejo yang memegang tuguh nilainilai agama. Dalam kehidupan Masyarakat kesenian Dolalak gaya Mlaranan cenderung disukai oleh masyarakat dibandingkan dengan kesenian Dolalak gaya Kaligesingan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penonton yang dating untuk menikmati kesenian ini dan seringnya kesenian ini tampil walaupun kesenian Dolalak gaya Mlaranan sudah mengalami perubahan dari acuan utama kesenian Dolalak. Dalam menanggapi masalah ini perlu adanya upaya untuk melestarikan kesenian yang masih berpegang tuguh pada acuan kesenian Dolalak agar kesenian ini tetap memiliki ciri khasnya. Saat ini kelompok kesenian Kridha Utama berusaha melestarikan kesenian Dolalak gaya Kaligesingan agar tetap hidup di masyarakat. elompok kesenian Kridha Utama melakukan berbagai cara untuk melestarikan kesenian Dolalak gaya Kaligesingan. Berbagai cara yang dilakukan antara lain berupa pelatihan, sosialisasi kepada masyarakat, dan pembinaan. Dari tiga cara yang dilakukan maka lambat laun kesenian Dolalak gaya Kaligesingan mulai disukai kembali oleh masyarakat schingga kesenian ini dapat terhindar dari kepunahan. Walaupun hasil yang nampak belum semuanya berhasil, tetapi mulai ada perubahan dari sebelum adanya upaya dan sesudah dilakukan upaya pelestarian olch kelompok kesenian Kridha Utama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ely Rusnawati, Titinnim0311063011
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMurdiyati, Y.UNSPECIFIED
ContributorWinarti, Tutiknidn0006126109
Department: KODEPRODI91631#TARI
Uncontrolled Keywords: Pelestarian, Dolalak, Kaligesing
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian)
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:51
Last Modified: 31 Oct 2023 04:51
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15492

Actions (login required)

View Item View Item