Fungsi Kesenian Soreng pada Upacara Nyadran Kali di Dusun Warangan Desa Muneng Warangan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang

Nugraheni Kusumastuti, Dwi (2008) Fungsi Kesenian Soreng pada Upacara Nyadran Kali di Dusun Warangan Desa Muneng Warangan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Kesenian Soreng adalah salah satu dari sekian banyak kesenian rakyat yang berada di Kabupaten Magelang. Soreng merupakan kesenian rakyat yang ditarikan oleh penari remaja laki-laki. Sor?ng menjadi bagian dari upacara nyadran kali. Fungsinya sebagai sarana upacara ritual, yaitu untuk menyampaikan rasa hormat dan terima kasih serta perantara dalam penyampaian maksud atau tujuan upacara. Penelitian ini menggunakan pendekatan antropologis dengan teori fungsi Malinowti bahwa yang dimaksud fungsi dalam kebudayaan adalah segala aktivitas kebudayaan itu bermaksud memuaskan suatu rangkaian dari sejumlah kebutuhan naluri makhluk manusia yang berhubungan dengan kebutuhannya. Keberadaan kesenian Soreng dalam upacara nyadran kali berpengaruh penting bagi masyarakat dusun Warangan, karena Soreng merupakan bagian dari sarana upacara yang tidak boleh ditinggalkan, apabila kesenian Soreng tidak dipentaskan dalam upacara nyadran kali, maka upacara dianggap belum sah. Upacara nyadran kali dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada bulan sapar. Upacara nyadran kali merupakan tradisi turun temurun yang sampai sekarang masih dilestarikan oleh masyarakat dusun Warangan. Upacara nyadran kali di dusun Warangan bermula dari ditemukannya sumber air yang dimanfaatkan sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat sehari-hari. Tujuan diadakannya nyadran kali adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kemudahan dan kenikmatan hidup berupa sumber air yang jernih dan bersih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nugraheni Kusumastuti, Dwinim0311053011
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjatmiko, Gandung-
ContributorSugiyarti, MG.nidn0005105606
Department: KODEPRODI91631#TARI
Uncontrolled Keywords: nyadran-kali, soreng
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian)
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:11
Last Modified: 31 Oct 2023 07:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15507

Actions (login required)

View Item View Item