Metode pengajaran gitar klasik di Purwa Caraka Music Studio Depok pada anak usia 6 sampai 12 tahun

Ayodhia, Rangga (2007) Metode pengajaran gitar klasik di Purwa Caraka Music Studio Depok pada anak usia 6 sampai 12 tahun. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (669kB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk observasi langsung terhadap sistem pengajaran gitar klasik untuk anak-anak di Purwa Caraka Music Studio (PCMS) Depok yang dilaksanakan dengan penyampaian yang seimbang di antara teori musik dan praktek gitar. Pengajaran dimulai dari pengenalan nama-nama bagian dari gitar klasik, posisi duduk, nama jari kiri dan kanan dan juga posisi jari lalu baru melangkah ke masalah teknik dan pengenalan notasi balok. Observasi sistem pengajaran didasarkan atas buku ajar resmi PCMS yang disusun oleh tim pengembangan kurikulum gitar klasik institusi tersebut. Karena tidak ada materi khusus untuk anakanak maka bahan-bahan ajar yang dibahas dalam skripsi ini diseleksi dari buku ajar tersebut yang biasa diajarkan pada anak-anak Penelitian ini menyimpulkan bahwa marteri ajar yang diberikan pada anak-anak kurang tepat sementara sebagian besar peserta kursus gitar di institusi tersebut adalah anak-anak. Sehubungan dengan itu penelitian ini menyarankan agar PCMS memperhatikan pengembangan bahan ajar untuk kursus gitar anak-anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ayodhia, Rangganim9910646013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMartopo, Harinidn0014125602
Department: KODEPRODI91221#Seni Musik
Uncontrolled Keywords: Metode, gitar klasik, musik anak
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:40
Last Modified: 01 Nov 2023 04:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15602

Actions (login required)

View Item View Item