Repetitive Strain Injury (RSI): Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Gitar Klasik Instrumen Mayor III dan IV Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Fianwijaya Sauw, Braham (2010) Repetitive Strain Injury (RSI): Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Gitar Klasik Instrumen Mayor III dan IV Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Masalah kesehatan secara langsung mempengaruhi kehidupan musisi. Jadwal latihan yang padat, gerakan yang sama berulang-ulang dengan ergonomi di bawah standar, dan tekanan pribadi, tanpa disadari membuat para musisi sangat menderita dengan penyakit yang berhubungan dengan profesinya. Masalah kesehatan yang paling rentan teijadi pada para musisi adalah cedera tangan, atau lebih populer dcngan nama Repetitive Strain Injury (RSI). Jenis penelitian ini adalah Studi kasus. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa gitar klasik dengan instrumen mayor III dan IV. Penelitian ini menggunakan purposive sample. Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah: tahapan metode pemanasan, kebiasaan bermain gitar, pengetahuan kesehatan, dan gejala-gejala cedera tangan yang dialami oleh mahasiswa gitar klasik instrumen mayor III dan IV Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan antara bulan April-Mei 2010. Dari penelitian ini didapat 66,6% responden tidak mengenal istilah RSI, terdapat 46,6% responden yang menganggap gejala-gejala tersebut wajar, 59,9% responden yang mengambil tindakan lanjutan untuk mengatasi gejala-gejala tersebut. Saran penelitian ini, agar sekolah musik, Perguruan Tinggi terutama Perguruan Tinggi Seni untuk bisa lebih fokus memberikan materi-materi kuliah, workshop, serta panduan referensi yang langsung berhubungan dengan pengetahuan masalah kesehatan bagi pemusik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Fianwijaya Sauw, Brahamnim0310884013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDlndrawan, Andrenidn0010056110
UNSPECIFIEDKustap, Kustapnidn0001076707
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Repetitive Strain Injury (RSI), gitaris klasik, studi kasus, mayor III dan IV
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:22
Last Modified: 01 Nov 2023 07:46
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15636

Actions (login required)

View Item View Item