Pendidikan musik yang Islamis : perspektif mahasiswa muslim mengenai proses pembelajaran di jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta

Taruno, Joko (2008) Pendidikan musik yang Islamis : perspektif mahasiswa muslim mengenai proses pembelajaran di jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Sebagian orang menganggap bahwa musik dikarenakan oleh mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Dalam kenyataannya sebagian besar mahasiswa di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta adalah Muslim. Guna memperoleh pengetahuan mengenai konsep-konsep Islamis berkaitan dengan pendidikan musik, penelitian dilakukan dengan jalan mengkaji landasan estetika Islamis mengenai seni pada umumnya yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta. Dengan mengamati pandangan beberapa mahasiswa tentang Islam dan musik, penelitian ini tidak bermaksud mencari pembenaran maupun pemojokan pemahaman ketidak bolehan mempelajari musik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada dasarnya Islam tidak melarang pendidikan musik dan dari data lapangan tidak terbukti terdapatnya pelanggaran norma-norma Islamis dalam proses pembelajaran di Jurusan Musik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengatasi kesangsian para mahasiswa Muslim dalam menjalani studinva di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Taruno, Jokonim0110760013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMartopo, Harinidn0014125602
Department: KODEPRODI91221#Seni Musik
Uncontrolled Keywords: Musik Islam, pendidikan musik, estetika Islam
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 01 Nov 2023 08:03
Last Modified: 01 Nov 2023 08:03
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15651

Actions (login required)

View Item View Item