Penerapan Metode Kodaly Pada Proses Pembelajaran Paduan 5uara Anak di SA Kanisius Ganjuran Bantul

Astuti, Veronica (2007) Penerapan Metode Kodaly Pada Proses Pembelajaran Paduan 5uara Anak di SA Kanisius Ganjuran Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Paduan suara merupakan himpunan dari sejumlah penyanyi yang dikelompok­ kelompokkan menurut jenis sua.ranya. Secara umun1 ada empat jenis paduan sua.ra yaitu: Pacfuan suara anak-anak, Paduan suara remaja, Paduan suara dewasa, dan Paduan suara ibu-ibu. Paduan suara anak-anak adalah paduan suara yang diaminkan oleh aoak-anak berumur 9.0- 12.0 tahun, dengan wama suara yang relatif sama, baik pria rnaupun wanita.Dalam membentuk sebuah paduan suara anak-anak, ketepatan nada (pitch) menjadi sebuah hal yang sangat penting. Ketepatan nada diajarkan dengan menggunakan metode Kodaly yaitu melalui handsign (mengajarkan tangganada melalui gerakan tangan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vl SD Kanisius Ganjuran yang terdiri dari 17 anak yang berusia 11.0 - 12.0 tahun. Materi pelatihan disusun dalam bentuk modul pengajaran berdasarkan metode Kodaly. Setelah dilakukan pelatihan untuk paduan suara selama 12 kali pertemuan, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Kodaly sengat efektif digunakan untuk mengajarkan ketepatan nada dalam paduan suara anak pada siswa kelas VI SD Kanisius Ganjuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Astuti, Veronicanim0110767013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorGanap, Viktoriusnidn
ContributorRatnawati Yuwoono, Deboranidn0011115504
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Metode Kodaly, Paduan s11ara anak.
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 01 Nov 2023 08:03
Last Modified: 09 Nov 2023 04:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15653

Actions (login required)

View Item View Item