Pembelajaran Biola Metode Suzuki Dengan Pendekatan Bermain Warna Untuk Anak Kelas 2 dan 3 di SD BOPKRI Gondolayu Yogyakarta

Agusto Saragih, Irwan (2014) Pembelajaran Biola Metode Suzuki Dengan Pendekatan Bermain Warna Untuk Anak Kelas 2 dan 3 di SD BOPKRI Gondolayu Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Sekolah Dasar BOPKRI Gondolayu Yogyakarta sudah menyclenggarakan pelajaran ekstrakulikuler di bidang seni yaitu instrument biola. Dalam pembelajaran biola diperlukan suatu metode yang mendukung proses pembelajaran biola di SDBOPKRI Gondolayu Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan multi disiplin yaitu secara psikologis dan musikologis. Metode pembelajaran biola digunakan metode Suzuki diterapkan dengan pendekatan bermain warna. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui penerapan, proses serta hambatan dalam pembelajaran biola Metode Suzuki dengan pendekatan bermain warna untuk anak kelas 2 dan 3 di SD BOPKRI Gondolayu Yogyakarta. Pembelajaran biola dengan Metode Suzuki dengan pendekatan bermain warna tersebut mencakup tentang teknik - teknik memegang biola, menggesck biela, penjelasan tentang warna, penjarian dan penguasaan lagu. Kesimpulan dari skripsi ini wara para siswa kelas 2 dan 3 di SD mampu memainkan [ateri lagu diluar dari lagu yang terdapat dalam buku Suzuki Volume 1, yaitu lagu Silent night dan Seribu Lilin. Dengan pendekatan bermain warna ini memberikan kesan belajar yang menyenangkan bagi anak-anak karena adanya warna-warna yang dapat memotivasi anak-anak untuk belajar biola lebih kreatif, serta meningkatkan apreasiasi dan daya imajinasi anak-anak terhadap pembelajaran biola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Agusto Saragih, Irwannim1911347013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorChristinus, Kristiyantonidn0031015902
ContributorSurtihadi, Raden Masnidn0005077006
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, metode, warna, biola
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:41
Last Modified: 02 Nov 2023 02:41
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15702

Actions (login required)

View Item View Item