Wahyuni, Sri (2007) Analisis Musik Sarka' Ronggeng Dalam Pertunjukan Kerrabhan Sape di Sumenep Madura. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (46MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (7MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendisripsikan Musik Saronen berikut analisis bentuk dan cara penyajiannya dalam fungsinya meng iringi pertunjukan Kerrabhdn Sape di daerah Sumenep Madura. Dalam penelitian ini sumber data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi untuk kemudian data di klasifikasikan dan dianalisis melalui pendekatan analisis musikologi yaitu dengan analisis repertoar dan peralatan yang digunakan dalam Musik Saronen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Musik Saronen Sarka' Ronggeng pengiring Kerrabhdn Sape yang di mainkan oleh Grup Musik Saronen Lanceng Me/as Batu Putih Sumenep Madura menggunakan alat musik yang terdiri dari alat musik Saronen dan perangkat gamelan lainnya (Kempul, Gong, Kenong Raja, Kenong kene ', Kendang dan Kecer). Musik ini mengunakan nada-nada dengan modus slendro yang terd iri dari 5 (lima) buah nada yang berjarak hampir sama di dalam satu oktaf Musik Sarka' Ronggeng berirama Mars, dengan sukat 4/4 ,dan diawali dengan solo alat musik Saronen yang dimainkan secara bebas baik dalam hal kalimat musik maupun ritme, untuk kemudian memulai garis melodis yang khas, dan diikuti oleh pemain lain yang menyambung dengan meneruskan tempo yang diberikan oleh pemain Saronen. Musik Sarka' Ronggeng terdiri dari 377 birama yang di dalamnya terdapat dua puluh sembilan motif, dan terdapat sebagian pengolahan dari motif-motif yang ada.Musik Sarka' ronggeng memiliki bentuk yang bebas yang tergolong bentuk terbuka yang mengandun g bagian yang tidak terpaku pada pola tertentu, jika pola tersebut dikatakan motif, maka motif-motif tersebut akan membentuk frase akan tetapi frase ini tidak didukung adanya kadens, berbeda dengan konsep teori musik barat. Musik Sarka' Ronggeng terd iri dari tiga bagian yaitu : bagian pertama yang akan disebut dengan introduksi, bagian kedua yang diberi nama bagian melodi utama, yang di dalamnya terd iri dari 7 tema dan terdapat pengulangan-pengulan gan dan bagian ketiga yang disebut sebagai koda sepanjang 3(tiga) birama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENI MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Musik Saronen, Sarka' Ronggeng, Kerrabhdn Sape dan analisis musik | |||||||||
Subjects: | Seni Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | |||||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2023 03:53 | |||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2023 06:32 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15725 |
Actions (login required)
View Item |