Kethoprak Radio Lakon Joko Sudiro seri Sutrisno Warianti produksi Griya Kethoprak Mataram RRI Yogyakarta kajian struktur dan tekstur model Kernodle

Prita Maharani, Aldise (2012) Kethoprak Radio Lakon Joko Sudiro seri Sutrisno Warianti produksi Griya Kethoprak Mataram RRI Yogyakarta kajian struktur dan tekstur model Kernodle. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Kethoprak radio merupakan kesenian tradisi yang digemari masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Kelompok kethoprak Mataram merupakan kelompok yang sampai dengan saat ini masih aktif mementaskan kethoprak panggung dan kethoprak radio. Kelompok kethoprak Mataram masih mempertahankan bentuk kenvensionalnya karena "gerbang" kethoprak Mataram ada pada kelompok kethoprak Mataram RRI Yogyakarta. Pada tahun 1970 kethoprak Mataram RRI Yogyakarta pernah menyiarkan kethoprak radio lakon Joko Sudiro seri Sutrisno Warianti dan berhasil memikat hati masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teks dan nilai cerita dalam kethoprak radio seri Sutrisno Warianti. Analisis teks kethoprak radio meliputi struktur dan tekstur. Struktur terdiri dari alur, penokohan, dan tema. Analisis tekstur meliputi suasana, dialog dan speaktakel. Nilai kepahlawanan, budaya, tradisi, dan unggah-ungguh dikemukakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa struktur auditif pada kethoprak radio seri Sutrisno Warianti berdasarkan hubungan sebab akibat. Analisis tekstur auditif dapat dianalisis melalui teks dan mendapatkan dialog, suasana dan speaktakel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Prita Maharani, Aldisenim0810542014
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIswantara, Nurnidn0019066403
ContributorWibono, J. Caturnidn0019126502
Department: KODEPRODI91251#SENI TEATER
Uncontrolled Keywords: Kethoprak Radio, Sutrisno Warianti, Teks
Subjects: Teater > Penciptaan (penyutradaraan, penataan artistik, penulisan naskah,pemeranan)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:53
Last Modified: 02 Nov 2023 04:53
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15754

Actions (login required)

View Item View Item