Fungsi Kesenian Gamal dalam Upacara Bebantan Kampung pada Masyarakat Dayak Laur Sepotong Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang Propinsi Kalimantan Selatan

Ide Krisma, Alfonsos (2010) Fungsi Kesenian Gamal dalam Upacara Bebantan Kampung pada Masyarakat Dayak Laur Sepotong Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang Propinsi Kalimantan Selatan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Gamal adalah musik ritual yang berasal dari masyarakat Dayak Laur. Ini dikarenakan musik ini hanya dihadirkan pada saat upacara- upacara tertentu yang dalam bahasan kali ini adalah di dalam upacara Bebantan Kampung yang terdapat di desa Sepotong. Dalam upacara Bebantan Kampung, Gamal menjadi syarat yang harus di penuhi di dalam upacara tersebut. untuk menghadirkan Gamal harus di penuhi sebuah syarat sesaji yang oleh masyarakat setempat dinamakan Siko Sige' yaitu berupa 1 ekor ayam Kampung dan 1 tempayan Tuak Gamal. Gamal menjadi kesenian yang sangat penting di dalam upacara Bebantan Kampung. Ini dikarenakan fungsi Gamal dalam upacara Bebantan Kampung sangat kompleks. Fungsi Gamal di dalam upacara Bebantan Kampung antara lain berfungsi sebagai sarana Ritual, Komunikasi, hiburan pribadi, sarana pendidikan, dan pengesahan ritual religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ide Krisma, Alfonsosnim0310245015
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSunaryo, Sunaryonidn
UNSPECIFIEDIrawati, Elinidn0006118004
Department: KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI
Uncontrolled Keywords: Gamal, Upacara Bebantan Kampung, Fungsi
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:13
Last Modified: 02 Nov 2023 07:13
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15780

Actions (login required)

View Item View Item