Tari Itik dan Nawung Sekar Untuk Anak Tunarungu Di SLB Negeri 3 Yogyakarta

Amani, Yermi (2005) Tari Itik dan Nawung Sekar Untuk Anak Tunarungu Di SLB Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Seni tari merupakan bentuk seni yang lidak terlepas dari musik a.tau irama tarinya. Anak tunarungu adalah anak yang tidak dapat menden gar. Na.mun di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 3 Yogyakarta, tari diajarkan untuk anak-anak luna rungu . Hal ini untuk melatih keseimbangan gerak pada diri anak tuna rungu. Di samping itu _juga untuk menggali potensi dan bakat anak Lunarungu. 0leh karena pelaja.ran triri sangat bermanfaat untuk anak tunarung u, maka dicarikan bentuk tari yang cocok bagi anak tunarungu berdasarka.n karakteristik dan kelemahan yang dimiliki oleh anak tunarungu itu sendi ri. Dengan dem.ikian penelitian ini mencari bentuk tari yang cocok untuk anak tunarungu.Ada.pun karakteristik tari yang cocok untu k anak tu narungu yai tu tarian yang memi.1i ki gerak sederhana, tidak menggunakan gerak sendi yang hams menyesuajkan irama, pola la ntainya sederh ana, dan temponya ajeg. Berdasarkan hat tersebut diujic obakan lari untuk anak tunarungu yaitu tari Itik dan tari Nawung Sekar. Tari Itik dipilih untuk ujicoba karena ta_ri ini memiliki karakt eris tik tari yang sesuai dengan karakteristik tari unt uk anak tun arungu. Tari Nawung Sekar di pili h untuk uji coba karena tari ini merupakan tari yang bersifat dasar untu k tari klasik. Tari Itik d ia jarkan untu k anak kelas 01 yaitu kelas l yang memiliki tingka t IQ le bih rend ah. Sedangkan tari Nawung Sekar diajarkan untuk anak kelas 02 yaitu kelas 2 yang memiliki tingkat IQ lebih tinggi dib anding anak kelas D1. Kedua tarian diajarkan selama delapan kali pertemuan.Selama delapan kali latihan tersebut anak tunarungu sud ah dapat melakukan gerak tari secara keseluruhan namun masih dibantu dengan kode-kode dari guru tari. Na.mun demikian kedua tari ini dianggap cocok untuk anak tunarungu karena biasan ya anak tuna run gu di SLB N 3 ini diajarkan tari selama kurang lebih 20 kali pertemuan dan apabila ada pementasan masih ada latihan tambahan dan pada saat pementasanpun guru tari juga masih memberi kode-kode dari gurunya. 0leh karena itu tari ltik dan tari Nawung Sekar cocok diajarkan untuk anak tunarung u.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Amani, Yerminim0010932011
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWinahyuningsih, Heninidn0022036404
Department: UPT Perpustakaan
Uncontrolled Keywords: Tari Itik, Nawung Sekar,Anak Tunarungu
Subjects: Tari > Penciptaan Tari
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:16
Last Modified: 03 Nov 2023 02:16
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15835

Actions (login required)

View Item View Item