Amani, Yermi (2005) Tari Itik dan Nawung Sekar Untuk Anak Tunarungu Di SLB Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (8MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (31MB) | Request a copy |
Abstract
Seni tari merupakan bentuk seni yang lidak terlepas dari musik a.tau irama tarinya. Anak tunarungu adalah anak yang tidak dapat menden gar. Na.mun di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 3 Yogyakarta, tari diajarkan untuk anak-anak luna rungu . Hal ini untuk melatih keseimbangan gerak pada diri anak tuna rungu. Di samping itu _juga untuk menggali potensi dan bakat anak Lunarungu. 0leh karena pelaja.ran triri sangat bermanfaat untuk anak tunarung u, maka dicarikan bentuk tari yang cocok bagi anak tunarungu berdasarka.n karakteristik dan kelemahan yang dimiliki oleh anak tunarungu itu sendi ri. Dengan dem.ikian penelitian ini mencari bentuk tari yang cocok untuk anak tunarungu.Ada.pun karakteristik tari yang cocok untu k anak tu narungu yai tu tarian yang memi.1i ki gerak sederhana, tidak menggunakan gerak sendi yang hams menyesuajkan irama, pola la ntainya sederh ana, dan temponya ajeg. Berdasarkan hat tersebut diujic obakan lari untuk anak tunarungu yaitu tari Itik dan tari Nawung Sekar. Tari Itik dipilih untuk ujicoba karena ta_ri ini memiliki karakt eris tik tari yang sesuai dengan karakteristik tari unt uk anak tun arungu. Tari Nawung Sekar di pili h untuk uji coba karena tari ini merupakan tari yang bersifat dasar untu k tari klasik. Tari Itik d ia jarkan untu k anak kelas 01 yaitu kelas l yang memiliki tingka t IQ le bih rend ah. Sedangkan tari Nawung Sekar diajarkan untuk anak kelas 02 yaitu kelas 2 yang memiliki tingkat IQ lebih tinggi dib anding anak kelas D1. Kedua tarian diajarkan selama delapan kali pertemuan.Selama delapan kali latihan tersebut anak tunarungu sud ah dapat melakukan gerak tari secara keseluruhan namun masih dibantu dengan kode-kode dari guru tari. Na.mun demikian kedua tari ini dianggap cocok untuk anak tunarungu karena biasan ya anak tuna run gu di SLB N 3 ini diajarkan tari selama kurang lebih 20 kali pertemuan dan apabila ada pementasan masih ada latihan tambahan dan pada saat pementasanpun guru tari juga masih memberi kode-kode dari gurunya. 0leh karena itu tari ltik dan tari Nawung Sekar cocok diajarkan untuk anak tunarung u.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | UPT Perpustakaan | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Tari Itik, Nawung Sekar,Anak Tunarungu | ||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | ||||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | ||||||
Date Deposited: | 03 Nov 2023 02:16 | ||||||
Last Modified: | 03 Nov 2023 02:16 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15835 |
Actions (login required)
View Item |