Teater sebagai Media Terapi Trauma bagi Anak-anak Korban Bencana Alam: Studi Kasus atas "Pojok Dolanan" di Bakulan Kidul Trirenggo Bantul

Kus Indarto, Doni (2007) Teater sebagai Media Terapi Trauma bagi Anak-anak Korban Bencana Alam: Studi Kasus atas "Pojok Dolanan" di Bakulan Kidul Trirenggo Bantul. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Berdasarkan pelaksanaan terapi dengan menggunakan media teater yang dilaksanakan di Pojok Dolanan Bakulan, dapat disimpulkan bahwa teater memiliki keluasan wilayah kreatif sehingga mampu memberikan beragam kegiatan. Banyaknya ragam kegiatan tersebut tentu menghindarkan anak-anak dari rasa bosan selama menjalani proses terapi, anak-anak bahkan merasa senang dan antusias menjalani semua aktifitas terapeutik. Perasaan senang selama menjalani proses terapi juga merupakan hal penting untuk keberhasilan terapi itu sendiri. Selain terapi dalam arti pengobatan, teater juga bisa memasuki wilayah edukasi yang mampu merangsang daya kreatif anak-anak. Kegiatan-kegiatan seperti karnaval dengan kostum buatan sendiri dari koran bekas, membuat topengdan boneka, membuat set dan property untuk pementasan menjadi pengalaman kreatif bagi anak-anak. Tentu saja selain juga mengembangkan kemampuan kerja sama, toleransi dan sebagarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kus Indarto, Doninim9810296014
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIswantara, Nur-
ContributorArisona, Nanangnidn0012126712
Department: KODEPRODI91251#TEATER
Uncontrolled Keywords: Teater, Media Terapi, Trauma, Anak-anak Korban Bencana Alam, Pojok Dolanan, Bakulan Kidul
Subjects: Teater > Pengkajian seni teater (dramaturgi)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:46
Last Modified: 03 Nov 2023 03:46
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item View Item