Penyajian Gendhing Mindhik Laras Slendro Pathet Sanga Dan Gendhing Hela-Hela Kalajengaken Ladrang Prabu Dewa Laras Pelog Pathet Nem Gaya Yogyakarta.

Ngatiman, Ngatiman (2002) Penyajian Gendhing Mindhik Laras Slendro Pathet Sanga Dan Gendhing Hela-Hela Kalajengaken Ladrang Prabu Dewa Laras Pelog Pathet Nem Gaya Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Fenomena sekarang ini gending-gending gaya Yogyakarta menjadi salah satu repertoar kekayaan dalam dunia karawitan. Bentuk repertoar seperti ini bagi kalangan yang berkecinampung dibidang seni karawitan merupakan suatu hal yang penting. Gending-gending gaya Yogyakarta sampai saat ini masih teridentifikasikan dengan gending-gending yang berada di Kraton Yogyakarta. Karena semua kalangan mengetahui bahwa kraton Yogyakarta sebagai sentral maupun pusatnya dalam bidang seni dan budaya khususnya seni karawitan dengan gending-gendingnya. Berpijak pada kekayaan yang ada tersebut kiranya perlu langkah-langkah jelas didalam pengkajian dan upaya penggalian gending untuk disajikan dalam tugas akhir ini. Upaya penggalian gending-gending gaya Yogyakarta yang kini banyak, hanya beku dalam simpanan merupakan langkah yang konkrit dalam rangka peningkatan dan pengembangan gending. Para empu terdahulu banyak menciptakan gending ber-khas Yogyakarta. Gending-gending tersebut tidak terbatas pada bentuk kendhangan ladrang, kettwang, tetapi banyak juga yang berbentuk kendangan Candra, Sarayuda, Jangga, Semang dan Mawur. Para empu arawitan pencipta gending tersebut antara lain: K.P.H. Purwadiningrat, K.R.T. Wiroguno, R.B. Laras Sumbogo dan lain-lain, yang banyak andil dalam cksistensi dibidang seni Karawitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ngatiman, Ngatimannim9110172012
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTeguh, Teguhnidn0008085807
ContributorTrustho, Trusthonidn0014065701
Department: KODEPRODI91211#SENI KARAWITAN
Uncontrolled Keywords: Gendhing Mindhik Laras Slendro Pathet Sanga, Gendhing Hela-Hela Kalajengaken Ladrang Prabu Dewa Laras Pelog Pathet Nem Gaya Yogyakarta.
Subjects: Karawitan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:55
Last Modified: 18 Jan 2024 08:36
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15879

Actions (login required)

View Item View Item