Gending Sri Dhandang dalam upacara caosan di Dusun Tutup Ngisor Desa Sumber Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang dalam perspektif etnomusikologis

Nurgiyanta, Rachmat (2005) Gending Sri Dhandang dalam upacara caosan di Dusun Tutup Ngisor Desa Sumber Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang dalam perspektif etnomusikologis. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Caosan merupakan satu bentuk upacara ritual budaya yang diselenggarakan oleh masyarakat Dusun Tutup Ngisor pada setiap malam Jumat, malam Senin Legi, malam Selasa Kliwon, dan malam selikuran. Atas dasar kepercayaan manusia yang meyakini keberadaan alam roh yang abstrak, dengan maksud agar terdapat keharmonisan (kesimbangan) diantara keduanya dan dengan Tuhan. Dalam pelaksanaannya disajikan gendhing Ketawang Sri Dhandhang Laras Pelog Patet Lima ciptaan Romo Yoso Sudarmo (alm) yang berfungsi sebagai sorogan atau pendorong doa-doa. Kehadirannya sebagai simbol komunikasi yang diyakini dapat mempercepat komunikasi manusia dengan roh (Tuhan, Dewi Sri, dan leluhur) untuk memohon kedamaian dan kemakmuran. Sementara ketidak hadirannya diyakini akan membawa malapetaka bagi masyarakat. Kedudukan gending Sri Dhandhang sebagai bagian upacara menempatkannya dalam kategori musik ritual. Dan sebagai sebuah bentuk kesenian, gending ini tetap hidup karena masih dibutuhkandan berperan penting dalam kehidupan masyarakat pendukungnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nurgiyanta, Rachmatnim 9610080015
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSenen, I Wayannidn
ContributorSunaryo, Sunaryonidn
Department: KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI
Uncontrolled Keywords: gending, caosan, kedamaian dan kemakmuran
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:42
Last Modified: 06 Nov 2023 01:42
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15920

Actions (login required)

View Item View Item