Angklung Bungko dalam upacara adat Munjungan di desa Bungko kecamatan Kapetakan kabupaten Cirebon: Suatu tinjauan Etnomusikologis

Ranove Kurniawan, Benny (2005) Angklung Bungko dalam upacara adat Munjungan di desa Bungko kecamatan Kapetakan kabupaten Cirebon: Suatu tinjauan Etnomusikologis. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Kesenian Musik Angklung Bungko adalah salah satu hasil cipta dari nenek moyang yang tumbuh serta berkembang di lingkungan masyarakat Desa Bungko secara turun-temurun diwariskan kepada generasi penerus. Angklung menurut mitologi Bali berasal dari kata angka (nada), lung artinya patah/hilang. Angklung dapat dikatakan nada/laras yang tidak lengkap. Kesenian musik Angklung Bungko ini dalam setiap pementasannya tidak menggunakan instrumenangklung, melainkan hanya digendong saja. Pertunjukan ini mendapat tempat oleh masyarakat, hingga diberi tempat untuk tumbuh dan berkembang, serta dipentaskan dalam pertunjukan upacara adat Desa Bungko hingga acara-acara penyambutan tamu kehormatan untuk menghibur partisipan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran kesenian ini dalam memenuhi kebutuhan masyarakat hingga dapat berkembang dilihat dari bentuk dan fungsi penyajian kesenian Angklung Bungko. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk penyajian kesenian Angklung Bungko terdiri dari instrumenyang digunakan, lagu yang dibawakannya dalam pertunjukan, pemain, tempat, dan waktu. Sedangkan fungsi penyajian kesenian musik tersebut terdiri dari fungsi primer dan sekunder. Setiap pementasan kesenian Angklung Bungko selalu tidak memainkan instrumen Angklung hal ini dikarenakan ada beberapa faktor yang melatarbelakanginya instrumentersebut tidak dimainkan yaitu bahan instrumenangklung, usia instrumenangklung dan sebagai wujud penghormatan. Pertumbuhan dan perkembangan musik Angklung Bungko ini berjalan sesuai dengan perkembangan zaman yang menuntut para pemain untuk semakin membuka wawasan mereka untuk melakukan perubahan-perubahan terhadap kesenian tersebut sehingga eksistesi musik Angklung Bungko ini bisa berjalan seiring dengan perjalanan zaman yang semakin maju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ranove Kurniawan, Bennynim9810130015
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSenen, I Wayannidn
ContributorPurba, Krismusnidn0025126206
Department: KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI
Uncontrolled Keywords: kesenian musik, angklung, upacara adat
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:27
Last Modified: 06 Nov 2023 02:27
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15927

Actions (login required)

View Item View Item