Musik Gandang Basilap pada Perayaan Hari Raya Idul Fitri di Pulau BacanKabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara: Suatu tinjauan Etnomusikologis

Abdul Rauf, Mukhlis (2006) Musik Gandang Basilap pada Perayaan Hari Raya Idul Fitri di Pulau BacanKabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara: Suatu tinjauan Etnomusikologis. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Musik tradisional merupakan sebuah sarana bagi manusia untuk mengungkapkan apa yang dikehendaki dan difungsikan dalam berbagai bentuk kepentingan untuk kehidupan masyarakat. Pengetahuan akan hal ini penting karena dengan demikian kita dapat mengetahui dan mengerti sikap, tindakan serta pola pikir masyarakat pendukung kebudayaan tersebut. Berdasarkan pada keinginan untuk menginventarisir kesenian tradisional yang terdapat di kepulauan Maluku-Utara maka pada bulan September tahun 2005, penulis telah menetapkan salah satu daerah di Maluku-Utara sebagai lokasi penelitian tentang Musik tradisional menurut metode yang dilakukan dalam penelitian Etnomusikologis. Sebagai salah satu lokasi penelitian, Pulau-Bacan memiliki beberapa bentuk kesenian tradisional yang hingga saat ini masih dipergunakan dan difungsikan sebagaimana mestinya oleh penduduk setempat. Pengetahuan untuk mengarahkan masyarakat agar turut melestarikan kesenian tradisional dirasa sangat penting mengingat keaneka ragaman corak budaya di Indonesia adalah sebuah landasan yang melatarbelakangi kehidupan sosial dalam hidup masyarakat dan menumbuhkan rasa saling pengertian antara sesama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Abdul Rauf, Mukhlisnim9810131015
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSenen, I Wayannidn
ContributorCau Arsana, I Nyomannidn0007117104
Department: KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI
Uncontrolled Keywords: musik tradisional, etnomusikologis, kesenian tradisional
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:24
Last Modified: 06 Nov 2023 03:24
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15931

Actions (login required)

View Item View Item