Fitri Astuti, Aida (2009) Nggondo Maro. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (13MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (42MB) |
Abstract
Karya tari ini didukung oleh sepuluh orang penari dengan mode penyajian simbolis representasional. Gerak tari dalam karya ini adalah berpijak dari gerak tari klasik gaya Yogyakarta yang telah dikembangkan sesuai kreativitas penata tari. Gerak tari ini lebih menekankan pada variasi gerak tangan, namun tetap berpijak pada tari klasik gaya Yogyakarta. Iringan yang digunakan pada karya tari ini adalah gamelan laras slendro. Tata rupa yang ditampilkan adalah menggunakan trap yang diletakkan di back centre. Properti yang digunakan adalah kain putih, gagar mayang, sesaji nasi tumpeng dan sesaji buah-buahan. Busana yang digunakan adalah busana dengan motif kawung, yang diharapkan dapat memunculkan identitas bahwa karya tari ini berpijak dari tradisi Jawa yaitu Yogyakarta. Pesan yang ingin disampaikan oleh penata tari dalam karya tari Nggondo Maru adalah memberikan kesadaran bagi masyarakat bahwa pentingnya menjaga perilaku dalam kehidupan bennasyarakat, yang dapat menyebabkan terjadinya tanah angker atau sukerta. Melalui karya tari ini diharapkan dapat memberikan pertunjukan tari yang dapat mengkomunikasikan sebuah realita kehidupan di Wonosari, Gunungkidul dalam melakukan ritual ruwatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231# SENI TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ruwatan, Sukerta, Bathara Kala | |||||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | |||||||||
Depositing User: | IH Nurcahyadi Nurcahyadi | |||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2023 07:14 | |||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2023 07:14 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15953 |
Actions (login required)
View Item |