Dampak Pertunjukan Kesenian Angguk Putri "Sri Lestari" Bagi Penarinya Di Dusun Pripih Desa Hargomulyo Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo

Purwitaningrum, Purwitaningrum (2006) Dampak Pertunjukan Kesenian Angguk Putri "Sri Lestari" Bagi Penarinya Di Dusun Pripih Desa Hargomulyo Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Skripsi yang berjudul : Dampak Pertunjukan Kesenian Angguk Putri "Sri Lestari" Bagi Penarinya Di Dusun Pripih Desa Hargomulyo Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana dampak pertunjukan kesenian angguk Putri "Sri Lestari" pada pemunculan sistem bintang atau primadona pada kelompok kesenian angguk, dan juga dampak yang lainnya yang terjadi seperti kon.disi para penari dalam segi ekonomi, pendidikan, sosial,dan agarna. Berdasarkan basil yang diperoleh dari seluruh kajian dapat diambil kesimpulan bahwa dalam kesenian Angguk Putri "Sri Lestari" temyata sangat populer ini dibuktikan dengan padatnya jadwal pementasan. Padatnya jadwal pementasan ini ternyata secara tidak langsung menimbulkan fenomena sistem bintang atau primadona, sistem ini muncul karena akibat adanya fanatisme penonton pada salah satu penari angguk. Dampak lain yang ditimbulkan adalah temyata semakin tingginya frekuensi pementasan juga pada faktor ekonomi yang secara tidak langsung juga ada peningkatan, dalam hal sosial juga ditunjukkan akan sikap para penari kepada para penonton atau penggemar, karena para penari menyadari sebagai publik figur mereka harus bisa menempatkan sikap. Dari segi agama pementasan juga ikut menyesuaikan terutama kostum yang dikenakan, dari segi penari yang khususnya yang beragama non muslim temyata tidak menjadi kendala dalam melakukan pentas pada hari kebesaran agama. Darnpak lainnya dari segi pendidikan mengingat para penari ada yang masih berstatus pelajar juga tidak terdapat kendala yang berarti terutama pada saat menjelang pementasan karena jadwal pementasan umumnya dilakukan pada malam hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Purwitaningrum, Purwitaningrumnim011 0999 011
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSupadma, Supadmanidn0006106206
Department: UPT Perpustakaan
Uncontrolled Keywords: Darnpak, Popularitas, Angguk Putri
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian)
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:47
Last Modified: 06 Nov 2023 07:47
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15956

Actions (login required)

View Item View Item