Fungsi Dan Makna Simbolis Tari Kuda Kepang Dalam Upacara Bersih Desa Di Desa Pendoworejo Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo

Sukirni, Sukirni (2006) Fungsi Dan Makna Simbolis Tari Kuda Kepang Dalam Upacara Bersih Desa Di Desa Pendoworejo Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Upacara bersih desa merupakan upacara adat masyarakat desa Pendoworejo wllayah kecarnatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo, yang diJaksanakan setiap satu tahun sekaJi setiap buJan !vfauJu.ci Kegiatan ini merupakan ke&rjatan situs kesuburan dan penyucian diri yang mengandung aspek spiritual dan mencerminkan sernangat kebersamaan dan kegoton.groyongan masyarakat desa Pendoworejo. Adapun tujuan diadakannya upacara in1 adalah (1) sebagai ungkapan rnsa syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, (2 seba un&-kapan penghormatan pada arwah leluhur yang diyakini akan memberkati mereka melalui kelancaran pengairan dan sungai dan hasil panen yang melimpalL. Dalam pelaksanaannya, upacara bersih desa disertai pertunjukan tari kuda kepang yang ditampilkan sebagai sarana ritual dan sebagai sarana hibwan. Tari kuda kt:pang merupakan warisan tunm-temurun dari. nenek moyang .Pendoworejo. Penampilan tari kuda kepang sebagai bagian upacara ritual ini merupakan syarat mutlak, karena tanpa penampiJan tari kuda kepang upacam bersih desa diang p tidak memenuhi syarat untuk dilaksanakan. Aspek ritual daij penampilan ra.ri kuda kepang adalah Cl) penari kuda kepang adalah laki-lah. dalam masyarakat Pendowor jo laki-laki memiliki kedudukan paling tinggi dan merupak.an simbol dari kesucian dan kekuatan, (2) ternpat pertunjukan dilakukan pada arena te:rbuka atau di lapangan, (3) waktu pertunjukkan dilaksanakan dis1at siang h.ari :sebeJum prosesi ritual gi yarig Jaran dan setelah kenduri bersarna (4j tari kuda kepang dipergelarkan sebagai sarana penyampaian permohonan ma ;.yarakat. Masyaral<at des.a Pendoworejo mcnyakini bahwa deng.a.n m nghadfrkan tari kuda kepang pad.a saat upacara bersih desa roh lelubur akan hadir di te.nga.h mereka untuk memherikan berkat kepada sel ruh rnasyarakat desa Pendoworejo agar dalam kehidupan selanjutnya mendapatkan kemakmuran dan _pertanian bertambah baik., serta dijauhkan dari segala bcncana dan hal yang tidak dikehendaki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sukirni, Sukirninim0010959011
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHadi, Sumandiyonidn0017074907
Department: UPT Perpustakaan
Uncontrolled Keywords: Bersih Desa. kudang kepang. simbol
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian)
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 06 Nov 2023 08:35
Last Modified: 06 Nov 2023 08:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15964

Actions (login required)

View Item View Item