Fungsi Doger Dalam Upacara Bersih Telaga Di Dusun Kwangen Kidul Kelurahan Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunung Kidul

Sulistiana, Eni V (2007) Fungsi Doger Dalam Upacara Bersih Telaga Di Dusun Kwangen Kidul Kelurahan Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Keberadaan kesenian Doger merupakan bagian integral dari sistem sosial-budaya masyarakat pendukungnya yang terjalin erat dengan kompleksitas dari kehidupan sosial dan budaya masyarakat Kwangen Kidul, terutama sebagai media komunik:asi estetis dan ritual dalam upacara Bersik Tlaga dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kelanjutan hidup. Di samping itu Doger juga memiliki fungsi sebagai media hiburan masyarakat Dusun Kwangen Kidul dan sekaligus sebagai media untuk membangun ikatan solidaritas sosial rnasyarakat. Nilai fungsional upacara bersik tlaga tercermin adanya kesetiaan dan ketakutan manusia kepada kekuatan gaib atau supranatural yang ada pada Tuban dan roh-roh nenek moyang atau dhanyang yang menunggu suatu tempat, sehingga kegiatan upacara ritual merupakan perwujudan ungkapan rasa syukur dan mohon perlindungan keselamatan hidup seluruh warga masyarakat dan lingkungannya. Oleh karena itu sebenarnya nilai fungsional kesenian Do-ger dalam upacara ber-sik flaga merupakan strategi masyarakat Dusun Kwangen Kidtil untuk menjaga keseimbangan manusia dan lingkungannya. Upacara .bersik tlaga .dengan menampilkan kesenian Doger adalah kenyataan sosial yang terkait dengan tujua:n untuk memenuhi kebutuhan dan kelanjutan hidup seluruh warga Kwangen Kidul. Keseluruhan kebutuhan hidup itu sudah barang tentu hams diimbangi dengan pelayanan hidup dengan melakukan berbagai macam kegiatan sosial yang berntjuan untuk memuaskan setiap orang secara adil agar tidak terjadi konflik sosial dengan harapan tujuan bersarna dapat tercapai, yaitu masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur yang didukung keseimbangan ekosistem. Dalam kedudukannya sebagai sarana upacara keselamatan, kesenian Doger menyandang fungsi tertentu yang sangat berarti bagi masyarakal yang bersangkutan. Kehidupan budaya pertanian sebagai peletak dasar keberadaan Doger sangat berarti bagi masyarakat petani. Doger sebagai ekspresi sosial­ budaya, dan juga sebagai bagian integral dati selurnh kehidupan masyarakat petani yang berkaitan dengan hal-hal yang mendasat:, dan pola perilaku masyarakat itu mernpak:an usaha untuk memenuhi kebutuhan komunikasi yang bersifat sakral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sulistiana, Eni Vnim0110962011
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHersapandi, Hersapandinidn0006036609
Department: UPT Perpustakaan
Uncontrolled Keywords: Doger, tradisi, fungsi bersih tlaga
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian)
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:03
Last Modified: 09 Nov 2023 04:03
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15992

Actions (login required)

View Item View Item