Jejapanan Pengembangan Pola Musikal pada Ricikan Kenong Japan

Ponco Bayu Sakti, R. Pamungkas (2022) Jejapanan Pengembangan Pola Musikal pada Ricikan Kenong Japan. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
R. Pamungkas Ponco Bayu Sakti_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
R. Pamungkas Ponco Bayu Sakti_2023_PENUTUP.pdf

Download (382kB)
[img] Text
R. Pamungkas Ponco Bayu Sakti_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
R. Pamungkas Ponco Bayu Sakti_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (214kB)
Official URL: https://youtu.be/f8qPFXrxJNs?si=SqjXk2pIZG50GWwX

Abstract

Ricikan kenong japan adalah salah satu ricikan yang terdapat pada gendhing gaya Yogyakarta khususnya pada penyajian gendhing soran. Ricikan kenong japan ditabuh pada teknik tabuhannya yang keras sehingga menampilkan rasa gagah wibawa dan agung. Berawal dari ketertarikan pada karakter musikal dan teknik tabuhan pada ricikan kenong japan, penulis membuat karya komposisi yang berjudul Jejapanan. Karya komposisi jejapanan ini merupakan sebuah karya komposisi karawitan yang mengembangkan pola musikal pada ricikan kenong japan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana mewujudkan karya komposisi dengan mengetahui pengertian ricikan kenong japan dan bagian-bagian organnya, serta interpretasinya ke dalam bentuk komposisi Jejapanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Practice as Researtch through Performance (Praktik sebagai Penelitian melalui Pertunjukan) yang terdiri dari pra garap, garap, dan pasca garap. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ricikan kenong japan menghasilkan karakteristik bunyi yang berbeda, berbagai pola ditabuh pada ricikan kenong japan yang memberikan kesan musikal dalam bentuk sajian karya komposisi. Dalam konsep pengkaryaannya, komposisi ini menggunakan empat ricikan kenong japan dengan larasan yang berbeda-beda. Selain itu, komposisi ini juga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal untuk bermain ricikan lebih mengutamakan ritmiknya, bagian kedua menggunakan imitasi kendangan, dan bagian terakhir menggunakan vokal bersama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ponco Bayu Sakti, R. Pamungkasnim1710681012
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRaharja, Raharjanidn0003027004
ContributorArdana, I Ketutnidn0015068003
Department: KODEPRODI91611#KARAWITAN
Uncontrolled Keywords: ricikan, kenong japan, komposisi
Subjects: Karawitan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 13 Dec 2023 01:24
Last Modified: 13 Dec 2023 01:28
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16053

Actions (login required)

View Item View Item