Natasya Elgiva Givela, Riri (2023) Alah Tedak Tato sebagai Cahaya Bagi Perempuan Dayak Kayaan Mendalam. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
Text
RIRI NATASYA ELGIVA GIVELA_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text
ALAH TEDAK SKRIPSI-FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
ALAH TEDAK SKRIPSI-BAB I.pdf Download (746kB) |
|
Text
ALAH TEDAK SKRIPSI-watermark_BAB IV.pdf Download (328kB) |
|
Video
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGCUgUih_MA8=&rs=AOn4CLB0N-jlAZky-1IIr74RsldyU-XFOw Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
Abstract
Tedak merupakan tato yang identik dengan perempuan suku Dayak Kayaan Mendalam yang menjadi identitas bagi perempuan keturunan bangsawan. Masyarakat Dayak Kayaan Mendalam percaya bahwa tato akan bercahaya di alam baka untuk menerangi perjalanan roh mereka di alam Apo Lagaan (perjalanan jiwa) menuju Telaang Julaan (surga). Penciptaan karya tari Alah Tedak sebagai upaya dalam melestarikan tradisi leluhur dan memperkenalkan budaya tato tradisional suku Dayak Kayaan Mendalam ke dalam seni pertunjukan tari. Karya tari Alah Tedak menggunakan hasil penerapan pendekatan koreografi lingkungan yang dikemukakan oleh Hendro Martono yaitu sensasi ketubuhan, sensasi emosi, sensasi imaji dan ritus ekspresi. Proses penemuan gerak bersama penari dalam karya tari Alah Tedak menggunakan metode penciptaan oleh Alma Hawkins yaitu eksplorasi, improvisasi, komposisi, dan evaluasi. Gerak pada karya tari Alah Tedak menggunakan gerak baru yang sesuai dengan imajinasi, ketubuhan koreografer dengan pengembangan motif gerak dasar suku Dayak Kayaan Mendalam. Gagasan ini ditransformasikan ke dalam koreografi kelompok berjumlah delapan penari perempuan dengan hasil penerapan pendekatan koreografi lingkungan yang dikemukakan oleh Hendro Martono dan metode penciptaan oleh Alma Hawkins yang di pentaskan pada Proscenium Stage. Koreografi ini diungkapkan melalui tipe tari Studi Dramatik yang terdiri dari struktur Intoduksi, Adegan 1 (Proses Menato), Adegan 2 (Perempuan Bertato), Adegan 3 (Motif Usung Tingaang), dan Adegan 4 (Cahaya Tato) dengan durasi 21 menit. Musik menggunakan komposisi musik vokal dan instrumen etnis suku Dayak Kayaan Mendalam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#SENI TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Alah Tedak, Kayaan Mendalam, Apo Lagaan | |||||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | |||||||||
Depositing User: | Riri Natasya Elgiva Givela | |||||||||
Date Deposited: | 15 Dec 2023 07:22 | |||||||||
Last Modified: | 15 Dec 2023 07:22 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16057 |
Actions (login required)
View Item |