Alah Tedak Tato sebagai Cahaya Bagi Perempuan Dayak Kayaan Mendalam

Natasya Elgiva Givela, Riri (2023) Alah Tedak Tato sebagai Cahaya Bagi Perempuan Dayak Kayaan Mendalam. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
RIRI NATASYA ELGIVA GIVELA_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text
ALAH TEDAK SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
ALAH TEDAK SKRIPSI-BAB I.pdf

Download (746kB)
[img] Text
ALAH TEDAK SKRIPSI-watermark_BAB IV.pdf

Download (328kB)
[img] Video
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGCUgUih_MA8=&rs=AOn4CLB0N-jlAZky-1IIr74RsldyU-XFOw
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
Official URL: https://youtu.be/6t-aKU66a-U?si=8eJZSGoC4zpP5UdG

Abstract

Tedak merupakan tato yang identik dengan perempuan suku Dayak Kayaan Mendalam yang menjadi identitas bagi perempuan keturunan bangsawan. Masyarakat Dayak Kayaan Mendalam percaya bahwa tato akan bercahaya di alam baka untuk menerangi perjalanan roh mereka di alam Apo Lagaan (perjalanan jiwa) menuju Telaang Julaan (surga). Penciptaan karya tari Alah Tedak sebagai upaya dalam melestarikan tradisi leluhur dan memperkenalkan budaya tato tradisional suku Dayak Kayaan Mendalam ke dalam seni pertunjukan tari. Karya tari Alah Tedak menggunakan hasil penerapan pendekatan koreografi lingkungan yang dikemukakan oleh Hendro Martono yaitu sensasi ketubuhan, sensasi emosi, sensasi imaji dan ritus ekspresi. Proses penemuan gerak bersama penari dalam karya tari Alah Tedak menggunakan metode penciptaan oleh Alma Hawkins yaitu eksplorasi, improvisasi, komposisi, dan evaluasi. Gerak pada karya tari Alah Tedak menggunakan gerak baru yang sesuai dengan imajinasi, ketubuhan koreografer dengan pengembangan motif gerak dasar suku Dayak Kayaan Mendalam. Gagasan ini ditransformasikan ke dalam koreografi kelompok berjumlah delapan penari perempuan dengan hasil penerapan pendekatan koreografi lingkungan yang dikemukakan oleh Hendro Martono dan metode penciptaan oleh Alma Hawkins yang di pentaskan pada Proscenium Stage. Koreografi ini diungkapkan melalui tipe tari Studi Dramatik yang terdiri dari struktur Intoduksi, Adegan 1 (Proses Menato), Adegan 2 (Perempuan Bertato), Adegan 3 (Motif Usung Tingaang), dan Adegan 4 (Cahaya Tato) dengan durasi 21 menit. Musik menggunakan komposisi musik vokal dan instrumen etnis suku Dayak Kayaan Mendalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Natasya Elgiva Givela, Ririnim1911801011
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMartono, Hendronidn0027025902
ContributorDadijono, Darmawannidn0017096704
Department: KODEPRODI91231#SENI TARI
Uncontrolled Keywords: Alah Tedak, Kayaan Mendalam, Apo Lagaan
Subjects: Tari > Penciptaan Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan)
Depositing User: Riri Natasya Elgiva Givela
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:22
Last Modified: 15 Dec 2023 07:22
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16057

Actions (login required)

View Item View Item