Hariastama, Witantra (2022) Tinjauan Visual Poster Maybelline “Brave Together” Di Platform Wattpad 2021. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
WitantraHariastama-Jurnal.pdf Download (2MB) |
||
Text
WitantraHariastama.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
WitantraHariastama-BAB1.pdf Download (206kB) |
||
Text
WitantraHariastama-BAB5.pdf Download (182kB) |
||
|
Image
Witantra Hariastama_2022_Surat Peryataan Persetujuan Publikasi.jpeg Download (83kB) | Preview |
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda secara global berdampak pada berubahnya pola perilaku manusia. Selain itu beberapa studi pun menunjukkan bahwa pandemi telah mempengaruhi kesehatan mental remaja termasuk di Indonesia. Dampak ini yang kemudian mendorong Maybelline untuk meluncurkan kampanye “Brave Together”. Kampanye ini merupakan kampanye untuk menghilangkan stigma tentang kegelisahan dan depresi lewat karya tulisan yang dapat diunggah di platform Wattpad. Salah satu media yang digunakan dalam kampanye ini adalah poster “Brave Together”. Demikian penelitian ini dilakukan untuk menginterpretasikan poster “Brave Together”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan interpretasi visual poster “Brave Together” yang diluncurkan oleh Maybelline dengan menggunakan pendekatan E.B Feldman. E.B Feldman mengungkapkan bahwa terdapat empat tahapan untuk dapat menginterpretasikan serta meninjau karya yaitu tahap deskripsi, tahap analisis formal, tahap interpretasi, dan tahap evaluasi. Masingmasing tahapan tidak dapat dilakukan tanpa adanya bantuan dari teori lain untuk mempertajam hasil penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan tahapan deskripsi, analisis formal, interpretasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data dilakukan lewat studi pustaka dan observasi terhadap kedua poster “Brave Together”. Sedangkan teknik analisa data dilakukan secara induktif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dimulai dari tahap deskripsi, analisis formal, hingga interpretasi menemukan bahwa terdapat keterkaitan antara elemen visual yang digunakan dengan tujuan diselenggarakannya kampanye “Brave Together” ini yang kemudian terwujud dalam poster sebagai media komunikasi visual utamanya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Interpretasi, Poster, Brave Together | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Witantra Hariastama | |||||||||
Date Deposited: | 22 Dec 2023 03:57 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2023 03:57 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16062 |
Actions (login required)
View Item |