Athayah Awdy, Aqilah (2024) Perancangan Board Game sebagai Media Pembelajaran Konversi Satuan pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Aqilah Athayah Awdy_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
Aqilah Athayah Awdy_2024_BAB I.pdf Download (823kB) |
|
Text
Aqilah Athayah Awdy_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (355kB) |
|
Image
Aqilah Athayah Awdy_2024_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
Aqilah Athayah Awdy_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) | Request a copy |
Abstract
Berbagai mata pelajaran diajarkan di sekolah. Namun, urgensi yang umumnya terjadi pada siswa di sekolah adalah mengenai kurangnya minat sebagian siswa pada mata pelajaran tertentu, terutama pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan perkembangan kognitif Piaget, anak-anak SD pada umumnya mengalami kesulitan dalam memahami matematika yang bersifat abstrak. Hasil survei pun menunjukkan bahwa di antara matematika dasar yang dipelajari di SD, hanya 6% siswa yang meminati materi bertema konversi satuan. Salah satu penyebab guru mengalami kesulitan selama proses pembelajaran matematika adalah penggunaan buku tematik yang terasa kurang efektif untuk pelajaran matematika. Oleh karena itu dibutuhkan metode pembelajaran yang lebih variatif demi menarik minat para siswa terhadap matematika, khususnya terhadap materi konversi satuan. Untuk menghindari metode pembelajaran yang monoton atau teacher centered, maka diperlukan media yang membantu menggambarkan konsep materi agar lebih konkret sehingga sesuai dengan perkembangan kognitif anak. Salah satunya adalah dengan mengajak para siswa lebih aktif menggunakan metode yang lebih menyenangkan seperti media board game. Konsep tentang konversi satuan diterapkan dalam bentuk permainan menggunakan gamifikasi. Melalui tahapan akhir, board game hasil perancangan diujikan ke anak SD dan menerima feedback menggunakan indikator Fun Toolkit untuk mencapai tujuan perancangan dalam membantu anak SD menikmati proses belajar, sehingga mereka lebih antusias dan memiliki minat dalam belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Konversi satuan, matematika, board game, desain komunikasi visual | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Aqilah Athayah Awdy | |||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2024 10:35 | |||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2024 10:35 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16159 |
Actions (login required)
View Item |