Strategi Promosi Atraksi Pacu Itiak di Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat

Adiaksa, Mhd Rhomario (2024) Strategi Promosi Atraksi Pacu Itiak di Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Mhd. Rhomario Adiaksa_2024_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Mhd Rhomario Adiaksa_2024_Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mhd Rhomario Adiaksa_2024_Bab V.pdf

Download (322kB)
[img] Text
Mhd Rhomario Adiaksa_2024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Mhd Rhomario Adiaksa_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Atraksi Pacu Itiak merupakan salah satu atraksi yang berbasis kearifan lokal unik dan menarik yang ada di Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat. Namun sebagai atraksi Pacu Itiak yang unik ini belum berkembang dengan baik dan dikenal luas oleh masyarakat dan wisatawan. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui peran para stakeholder pariwisata dalam mengelola atraksi Pacu Itiak demikian juga bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA) dan para stakeholder pariwisata di Kota Payakumbuh sehingga atraksi Pacu Itiak dikenal luas oleh masyarakat dan wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis suatu permasalahan didukung oleh teori-teori dari stakeholder pariwisata, strategi promosi, dan event. Hasil penelitian menunjukan bahwa atraksi Pacu Itiak dijadikan sebagai sarana dalam mempromosikan potensi daerah untuk menarik minat dan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara melalui kerja sama dengan stakeholder pariwisata yang terdiri dari akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas/organisasi, dan media, serta merancang strategi promosi melalui kegiatan Penjualan Perorangan, Periklanan, Promosi Penjualan, Publisitas, dan Pemasaran Langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Adiaksa, Mhd Rhomarionim2120227420
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHandono Eko Prabowo, Tiberiusnidn0511086401
Department: KODEPRODI91102#TATAKELOLASENI
Uncontrolled Keywords: Atraksi, Pacu Itiak, Strategi Promosi, Stakeholder Pariwisata.
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: Mhd Rhomario Adiaksa
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:17
Last Modified: 06 Feb 2024 06:17
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16261

Actions (login required)

View Item View Item