Ridho Febrianur, Muhammad (2023) Analisis Pengaruh Konstruksi Plot dalam Membangun Emosi Sedih pada Film "Pawn". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Muhammad Ridho Febrianur_2023_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
Muhammad Ridho Febrianur_2023_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Muhammad Ridho Febrianur_2023_BAB V.pdf Download (559kB) |
|
Text
Muhammad Ridho Febrianur_2023_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
Muhammad Ridho Febrianur_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (979kB) | Request a copy |
Abstract
Film sebagai seni merupakan sebuah media penyaluran berbagai pemikiran dan luapan emosi dari sang pembuatnya kepada para penontonnya. Film dibentuk dari berbagai unsur pembentuknya salah satunya adalah plot. Film Pawn merupakan salah satu film Korea Selatan yang berhasil membuat penontonnya berlinang air mata dengan pola plot non-linier beralur maju-mundur. Penelitian ini berusaha untuk mencari tahu ada atau tidaknya pengaruh konstruksi plot dalam membangun emosi sedih dan bentuk plot yang paling sesuai dalam membangun emosi sedih pada film Pawn. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi terhadap konstruksi plot film Pawn untuk mendapatkan tiga versi konstruksi plot yang berbeda. Penelitian ini mengadopsi teknik pengambilan data berupa coding dari analisis isi dengan bantuan coders berupa mahasiswa ISI Yogyakarta berjumlah enam orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi plot berpengaruh dalam membangun emosi sedih. Konstruksi plot film Pawn original merupakan konstruksi plot terbaik dalam membangun emosi sedih dan memberikan dampak terbaik dibandingkan hasil eksperimen atau konstruksi plot rekayasa yang telah dibuat. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan konstruksi plot sehingga mengubah urutan atau aliran informasi yang diterima dalam film Pawn. Hal itu mengakibatkan terjadinya perubahan empati terhadap tokoh-tokoh dalam film Pawn untuk membangkitkan emosi sedih.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91261#FILM DAN TELEVISI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Film Pawn, Konstruksi Plot, Emosi Sedih | |||||||||
Subjects: | Televisi > Televisi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Ridho Febrianur | |||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2024 06:41 | |||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2024 06:41 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16301 |
Actions (login required)
View Item |