Peran Grace Notes Dalam Teknik Improvisasi Piano Jazz

Rivaldo Barus, Aldi (2024) Peran Grace Notes Dalam Teknik Improvisasi Piano Jazz. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Aldi Rivaldo Barus_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Aldi Rivaldo Barus_2024_BAB I.pdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Aldi Rivaldo Barus_2024_BAB Penutup.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aldi Rivaldo Barus_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Video
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGH8gVCgaMA8=&rs=AOn4CLDIMMs_d2mjKilcaRz--1GoGnkgdg
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=z-tQ0OSLd4M

Abstract

Penelitian ini membahas peran serta konsep grace notes dalam sebuah improvisasi khususnya piano jazz. Penelitian ini sebagai salah satu jawaban atas berbagai masalah yang sering muncul saat melakukan improvisasi khususnya dalam rangka mengonsep ide-ide improvisasi. Spontanitas dalam berimprovisasi menimbulkan sebuah tantangan dalam menunjukkan ekspresi/perasaan dan kreatifitas sebagai upaya membuat improvisasi menjadi semakin ekspresif dan menarik. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi peran serta konsep grace notes dalam berimprovisasi. Adapun pokok bahasan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pendekatan serta esensi ornamentasi dalam improvisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan case study research (studi kasus) bersifat single case yang mempelajari sebuah kasus dengan berfokus pada sebuah objek atau fenomena tertentu. Adapun langkah yang diambil dalam proses pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, analisis data, eksplorasi, konsultasi dan evaluasi. Analisis data, eksplorasi, konsultasi dan evaluasi dilakukan setelah data hasil observasi dikumpulkan kemudian dilakukan dokumentasi sebagai bukti perjalanan penelitian tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa peran serta konsep grace notes dalam improvisasi piano jazz adalah ekspresi dan emosi, ornamentasi, nuansa bluesy dan swing, aksentuasi, transisi dan pemenggalan not, kreativitas dan identitas musikal, serta interaksi dengan musisi lain yang coba dikenali melalui sebuah lagu berjudul Cantaloupe Island karya Herbie Hancock yang diaransir dan dimainkan oleh Yohan Kim. Peran serta konsep grace notes nampak jelas dalam improvisasi Yohan Kim atas lagu tersebut. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep dan peran grace notes dapat menjadi sebuah materi dan cara untuk membuat serta mengembangkan teknik improvisasi menjadi lebih ekspresif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Rivaldo Barus, Aldinim19002200134
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTuwondai Adriaan, Josiasnidn0016016102
ContributorSanjaya, Singgihnidn0007096209
Department: KODEPRODI91321#PENYAJIANMUSIK
Uncontrolled Keywords: grace notes, ornamentation, improvisasi, piano, jazz
Subjects: Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Aldi Rivaldo Barus
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:05
Last Modified: 07 Feb 2024 01:06
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16308

Actions (login required)

View Item View Item