Kolaborasi Pentahelix Pada Desain Komunikasi Visual untuk UMKM di Millenial Job Center Jawa Timur

Ayu Rohmatillah, Renzy (2024) Kolaborasi Pentahelix Pada Desain Komunikasi Visual untuk UMKM di Millenial Job Center Jawa Timur. Masters thesis, ISI YOGYAKARTA.

[img] Text
RENZY AYU ROHMATILLAH_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Renzy Ayu Rohmatillah_2024_Bab I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Renzy Ayu Rohmatillah_2024_Bab V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
RENZY AYU ROHMATILLAH_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
Official URL: https://digilib.isi.ac.id/

Abstract

Millenial Job Center Jawa Timur merupakan sebuah program yang memberikan kesempatan kepada masyarakat Jawa Timur untuk mengembangkan keahliannya. Salah satu kegiatannya yakni memfasilitasi pembuatan desain untuk UMKM. Terdapat kolaborasi dari berbagai pihak saat MJC memfasilitasi para UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menjelaskan kolaborasi pentahelix pada bidang desain komunikasi visual untuk UMKM di MJC. Selain itu juga bertujuan untuk menjabarkan visualisasi sebelum dan sesudah MJC memfasilitasi desain komunikasi visual untuk UMKM. Penjabaran mengenai kolaborasi di MJC menerapkan teori kolaborasi pentahelix. Teori ini diterapkan untuk mengetahui peran dari setiap sektor yang ada di MJC. Selain itu juga diterapkan teori desain komunikasi visual untuk menjabarkan visualisasi dari desain yang dihasilkan oleh proses kolaborasi tersebut. Penelitian ini menerapkan metode penelitian studi kasus. Pendekatan yang diterapkan yakni pendekatan desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi pentahelix yang terjadi antara akademisi, pemerintah, pelaku usaha, masyarakat dan media masa saling bersinergi dan masing-masing memiliki peran yang penting. Akademisi berperan sebagai peneliti yang dapat menyumbangkan inovasi bagi MJC. Pemerintah Jawa Timur berperan sebagai pengatur regulasi, kemudian peran UMKM selaku pelaku usaha adalah berkoordinasi dengan talenta yang merancang desain. Sedangkan media masa memiliki peran menyebarkan informasi terkait MJC. Visualisasi sebelum dan sesudah MJC memfasilitasi desain logo, kemasan dan katalog untuk UMKM memiliki perbedaan dalam penerapan unsur dan prinsip desain.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ayu Rohmatillah, Renzynim2021337412
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWidyo Harsanto, Prayantonidn0011026307
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi pentahelix, desain komunikasi visual, UMKM
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Renzy Ayu Rohmatillah
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:56
Last Modified: 17 Feb 2024 14:52
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16357

Actions (login required)

View Item View Item