Guguah Ramo-Ramo Tabang Tinggi dalam Upacara Maanta Marapulai di Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang Kabupaten Agam Sumatera Barat

Imeldo, Reinhard (2023) Guguah Ramo-Ramo Tabang Tinggi dalam Upacara Maanta Marapulai di Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang Kabupaten Agam Sumatera Barat. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
REINHARD IMELDO_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Image
REINHARD IMELDO_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
REINHARD IMELDO-2024-PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
REINHARD IMELDO_2024_BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
REINHARD IMELDO_2024_BAB IV.pdf

Download (159kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Guguah ramo-ramo tabang tinggi merupakan sebuah lagu atau gaya permainan dalam kesenian dikia rabano yang menjadi ciri khas dari grup rabano Nurul Iklas yang ada di Nagari Canduang Koto Laweh, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Keunikan dari guguah ramo-ramo tabang tinggi adalah masing-masing rabano yang dimainkan diyakini masyarakat merupakan zikir yang sesungguhnya dalam kesenian dikia rabano. Kesenian dikia rabano biasanya dimainkan dalam upacara maanta marapulai. Tulisan ini berisi tentang implementasi dan makna guguah ramo-ramo tabang tinggi dalam upacara maanta marapulai, khususnya yang ada di Nagari Canduang Koto Laweh. Teori yang digunakan dalam tulisan ini adalah teori bentuk penyajian dari Djelantik dan teori makna Charles Sanders Pierce. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnomusikologis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guguah ramo-ramo tabang tinggi berperan penting dalam upacara maanta marapulai melalui pola tabuhan yang diyakini merupakan bentuk zikir yang sesungguhnya dalam kesenian dikia rabano. Selain memiliki makna sebagai zikir, guguah ramo-ramo tabang tinggi juga memiliki makna lain seperti pola permainan rabano yang saling mengisi satu sama lain memiliki makna kerja sama, toleransi, dan saling menghargai. Guguah ramo-ramo tabang tinggi yang dimainkan dalam upacara maanta marapulai memiliki makna kebahagiaan dan kesabaran. Makna zikir yang terdapat dalam guguah ramo-ramo tabang tinggi memiliki makna bentuk rasa syukur kepad Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Imeldo, Reinhardnim1910709015
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTri Laksono, Jokonidn0026056501
ContributorPurba, Krismusnidn0025126206
Department: KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI
Uncontrolled Keywords: guguah ramo-ramo tabang tinggi, dikia rabano, maanta marapulai
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: Reinhard Imeldo
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:05
Last Modified: 19 Feb 2024 01:41
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16474

Actions (login required)

View Item View Item