Gilbert, Vanessa (2024) “Calming Session” Komposisi Musik String Quartet yang Ditujukan untuk Anak-Anak Pengidap Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia.
Text
Vanessa Gilbert_2024_Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Vanessa Gilbert_2024_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Vanessa Gilbert_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (160kB) |
|
Text
Vanessa Gilbert_2024_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Video
hqdefault.jpg Restricted to Repository staff only Download (12kB) | Request a copy |
|
Text
Vanessa Gilbert_2024_PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) | Request a copy |
Abstract
Komposisi musik “Calming Session” adalah sebuah karya musik absolut tiga movement yang dilatarbelakangi oleh rasa empati penulis terhadap anak dengan ADHD beserta orang tua mereka yang mengalami kesulitan untuk mengendalikan perilaku anaknya. Tujuan penulis adalah untuk menciptakan sebuah karya musik yang berfungsi untuk membantu kedua subjek tersebut, dengan rumusan masalah untuk mengetahui fungsi karya “Calming Session” terhadap anak ADHD serta mengetahui penerapan unsur-unsur musikal dengan tujuan menenangkan anak ADHD. Karya musik penulis menggunakan instumentasi string quartet. Proses pembuatan komposisi musik “Calming Session” dilakukan dengan menemukan beberapa karya yang sudah terbukti mempunyai efek terhadap anak ADHD. Selanjutnya, penulis menganalisis, membandingkan, dan mencari poin utama dalam setiap karya, yang penulis jadikan dasar dalam pembuatan karya Tugas Akhir ini. Melalui karya tulis dan karya tugas akhir ini, dapat disimpulkan bahwa karya penciptaan musik “Calming Session” dapat difungsikan untuk menenangkan dan meningkatkan fokus anak ADHD. Movement pertama dapat membantu anak ADHD menyeleksi dan memilih fokus, movement kedua dapat membantu anak ADHD untuk fokus durasi yang lebih panjang, dan movement ketiga dapat membantu menenangkan anak-anak pengidap ADHD. Kesimpulan yang kedua, penerapan unsur-unsur musikal yang bermanfaat bagi anak ADHD secara menyeluruh dalam karya musik penulis dapat membantu menenangkan dan meningkatkan fokus anak dengan ADHD.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91222#PENCIPTAANMUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | ADHD, string quartet, menenangkan dan meningkatkan fokus | |||||||||
Subjects: | Seni Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Vanessa Gilbert | |||||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2024 04:26 | |||||||||
Last Modified: | 13 Feb 2024 04:26 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16480 |
Actions (login required)
View Item |