“Calming Session” Komposisi Musik String Quartet yang Ditujukan untuk Anak-Anak Pengidap Attention Deficit Hyperactivity Disorder

Gilbert, Vanessa (2024) “Calming Session” Komposisi Musik String Quartet yang Ditujukan untuk Anak-Anak Pengidap Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia.

[img] Text
Vanessa Gilbert_2024_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Vanessa Gilbert_2024_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Vanessa Gilbert_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Vanessa Gilbert_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Video
hqdefault.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (12kB) | Request a copy
[img] Text
Vanessa Gilbert_2024_PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
Official URL: https://youtu.be/w0KAoAx3ltA

Abstract

Komposisi musik “Calming Session” adalah sebuah karya musik absolut tiga movement yang dilatarbelakangi oleh rasa empati penulis terhadap anak dengan ADHD beserta orang tua mereka yang mengalami kesulitan untuk mengendalikan perilaku anaknya. Tujuan penulis adalah untuk menciptakan sebuah karya musik yang berfungsi untuk membantu kedua subjek tersebut, dengan rumusan masalah untuk mengetahui fungsi karya “Calming Session” terhadap anak ADHD serta mengetahui penerapan unsur-unsur musikal dengan tujuan menenangkan anak ADHD. Karya musik penulis menggunakan instumentasi string quartet. Proses pembuatan komposisi musik “Calming Session” dilakukan dengan menemukan beberapa karya yang sudah terbukti mempunyai efek terhadap anak ADHD. Selanjutnya, penulis menganalisis, membandingkan, dan mencari poin utama dalam setiap karya, yang penulis jadikan dasar dalam pembuatan karya Tugas Akhir ini. Melalui karya tulis dan karya tugas akhir ini, dapat disimpulkan bahwa karya penciptaan musik “Calming Session” dapat difungsikan untuk menenangkan dan meningkatkan fokus anak ADHD. Movement pertama dapat membantu anak ADHD menyeleksi dan memilih fokus, movement kedua dapat membantu anak ADHD untuk fokus durasi yang lebih panjang, dan movement ketiga dapat membantu menenangkan anak-anak pengidap ADHD. Kesimpulan yang kedua, penerapan unsur-unsur musikal yang bermanfaat bagi anak ADHD secara menyeluruh dalam karya musik penulis dapat membantu menenangkan dan meningkatkan fokus anak dengan ADHD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Gilbert, Vanessanim19101610133
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBudhiana, IGN Wiryawannidn0015125802
ContributorSusanto, Hadinidn0003116108
Department: KODEPRODI91222#PENCIPTAANMUSIK
Uncontrolled Keywords: ADHD, string quartet, menenangkan dan meningkatkan fokus
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Vanessa Gilbert
Date Deposited: 13 Feb 2024 04:26
Last Modified: 13 Feb 2024 04:26
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16480

Actions (login required)

View Item View Item