Memaknai Komodifikasi Agama Pada Visualisasi Desain Kemasan

Monica Revias Purwa Kusuma, 142 0865 412 (2016) Memaknai Komodifikasi Agama Pada Visualisasi Desain Kemasan. Masters thesis, Pascasarjana ISI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover dan BAB I.pdf

Download (894kB) | Preview
[img] Text
BAB II dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V Penutup.pdf

Download (574kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penggunaan simbol-simbol agama tersebut digunakan sebagai media yang bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan konsumen untuk mengkonsumsi suatu produk tertentu. Simbol-simbol agama yang digunakan dalam desain kemasan tersebut digunakan sebagai alat untuk merubah nilai guna sebagai nilai jual. Hal tersebut biasa disebut sebagai komodifikasi agama. Beberapa contoh desain kemasan yang menggunakan simbol-simbol agama yaitu produk HiLo Soleha dan Sariayu Hijab. Kedua produk tersebut menggunakan simbol agama Islam pada desain kemasannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan teori semiotika Charles S. Pierce ikon, indeks, simbol untuk mengidentifikasi tanda-tanda komodifikasi pada desain kemasan tersebut. Selanjutnya, untuk mengungkap makna pada tanda maka digunakan pendekatan semiotika Roland Barthes untuk menerjemahkan makna konotasi dan mitos. Sumbangan penelitian ini kepada ilmu Desain Komunikasi Visual yaitu dapat memberikan pemahaman tentang pemaknaan tanda-tanda komodifikasi agama yang muncul melalui simbol-simbol agama yang dimasukkan ke dalam visualisasi desain kemasan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa tanda-tanda komodifikasi agama yang terlihat pada kedua sampel tersebut menggunakan model wanita berhijab, kata-kata, ornamen-ornamen, bentuk tulisan, serta warna yang merujuk pada agama Islam. Pada pemaknaan konotasi, tanda-tanda yang terdapat pada kedua desain kemasan tersebut berguna untuk menunjukkan segmentasi target market dan menjelaskan informasi produk secara lengkap. Selain itu, tanda-tanda komodifikasi agama Islam juga digunakan untuk membentuk mitos-mitos baru yang muncul. Mitos baru yang muncul juga didasari oleh mitos-mitos lama yang telah ada sebelumnya dan diyakini oleh masyarakat Indonesia

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM
Monica Revias Purwa Kusuma, 142 0865 412UNSPECIFIED
Department: ISI Yogyakarta
Subjects: Desain produk
Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 02 May 2017 04:40
Last Modified: 26 Jul 2017 01:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1649

Actions (login required)

View Item View Item