Peran Jogja Mixed Martial Arts dalam Menekan Potensi Kekerasan Jalanan di Kota Yogyakarta Melalui Penyutradaraan Film Dokumenter Potret “Kota Petarung”

Parta Driasmara, Id'dha (2023) Peran Jogja Mixed Martial Arts dalam Menekan Potensi Kekerasan Jalanan di Kota Yogyakarta Melalui Penyutradaraan Film Dokumenter Potret “Kota Petarung”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
ID'DHA PARTA DRIASMARA_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
ID'DHA PARTA DRIASMARA_2024_BAB I.pdf

Download (778kB)
[img] Text
ID'DHA PARTA DRIASMARA_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (88kB)
[img] Text
ID'DHA PARTA DRIASMARA_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB) | Request a copy
[img] Text
ID'DHA PARTA DRIASMARA_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Karya tugas akhir penyutradaraan film dokumenter “Kota Petarung” mengisahkan tentang potret sekelompok atlet beladiri lokal, yakni Jogja Mixed Martial Arts untuk menekan potensi kekerasan jalanan yang marak terjadi di Yogyakarta melalui perhelatan tarung bernama Jogja Gelut Day yang mereka inisiasi. Peran tersebut mereka lakukan sebagai salah satu cara yang untuk mengurangi jumlah kasus kekerasan jalanan dengan memberikan wadah aktualisasi diri kepada para remaja Yogyakarta dalam bentuk ajang pertarungan mixed martial arts. Film dokumenter ini dibuat menggunakan genre potret untuk memperlihatkan sebuah inisiatif yang dilakukan subjek dalam usahanya ikut serta turut mengurangi masalah sosial yang terjadi. Melalui potret Jogja Mixed Martial Arts dalam usaha mereka untuk menekan potensi kekerasan jalanan, dapat tergambarkan sebuah sketsa satu kondisi dari sebuah permasalahan yang terjadi di sebuah daerah, dan bagaimana subjek memiliki satu gagasan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Penggunaan genre potret dalam menceritakan kisah Jogja Mixed Martial Arts diharapkan dapat memuncul perasaan simpati dan penghormatan penonton atas usaha yang dilakukan subjek. Lewat film dokumenter ini, diharapkan mampu memberikan satu perspektif baru mengenai penyelesaian masalah kekerasan jalanan, eksistensi kepemudaan, dan sebagai pemicu bagi anggota masyarakat dalam bidang disiplin ilmu yang lain untuk turut serta menyediakan aspirasi baru terkait permasalahan sosial yang muncul di masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Parta Driasmara, Id'dhanim1710863032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRakhman Hakim, Latiefnidn0014057902
ContributorWidyasmoro, Agnesnidn0006057806
Department: KODEPRODI91270#FILMDANTELEVISI
Uncontrolled Keywords: kekerasan jalanan, mixed martial arts, potret, dokumenter
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Id'dha Parta Driasmara
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:33
Last Modified: 15 Feb 2024 01:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16522

Actions (login required)

View Item View Item