Perancangan Komik Media Sosial dan Art Toys dengan Konstruksi Baru Mitos Hantu Indonesia

Ali Husni, Nibras (2024) Perancangan Komik Media Sosial dan Art Toys dengan Konstruksi Baru Mitos Hantu Indonesia. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

This is the latest version of this item.

[img] Archive
NIBRAS ALI HUSNI_2024_KARYA KOMIK.rar
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)
[img] Archive
NIBRAS ALI HUSNI_2024_KARYA PENDUKUNG.rar
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)
[img] Text
NIBRAS ALI HUSNI_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
NIBRAS ALI HUSNI_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
NIBRAS ALI HUSNI_2024_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
NIBRAS ALI HUSNI_2024_BAB V Penutup.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Cerita hantu merupakan folklore masyarakat Indonesia yang selalu relevan. Dalam cerita-cerita tersebut hantu sering kali diasosiasikan dengan hal-hal yang bersifat tidak manusiawi seperti teror, tempat yang kotor, bersimbah darah, bebauan yang tidak sedap dan lain semacamnya. Folkore dan mitos memenuhi fungsi-fungsi sosial tertentu di sebuah masyarakat, seperti membantu anggota masyarakat tersebut untuk menghindari tempat dan aktivitas yang berbahaya bagi anggota dan kelompoknya. Seiring perkembangan zaman, bentuk mitos senantiasa berkembang menyesuaikan relevansi zaman. Menggunakan data-data kualitatif dan pendekatan dekonstruksi, perancangan ini membuat komik strip dan art toy berdasarkan pemaknaan alternatif dari folklore dan mitos yang telah didekonstruksi. Platform Instagram dipilih sebagai platform publikasi karya utama berupa komik strip dikarenakan fitur-fitur yang mendukung seperti fitur carousel. Selain itu, platform Instagram dipilih karena kemampuan jangkauannya yang luas melalui algoritma yang terpasang. Setelahnya, karakter-karakter dari komikstrip tersebut diadaptasi ke dalam bentuk art toy sebagai alih media ke dalam bentuk mainan. Menggunakan kedua media utama tersebut perancangan ini merupakan pengembangan baru dari cerita rakyat ke dalam bentuk dan narasi yang lebih segar dan relevan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ali Husni, Nibrasnim1712448024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTinarbuko, Sumbonidn0001046616
ContributorBajraghosa, Terranidn0012048103
ContributorPrimayudi, Kadeknidn0015068106
Department: KODEPRODI90241#DESAINKOMUNIKASIVISUAL
Uncontrolled Keywords: Folklore, Art Toys, Komik Media Sosial
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: NIBRAS ALI HUSNI
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:11
Last Modified: 16 Feb 2024 01:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16546

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item