Penerapan Teknik Slap Tonguing Dan Pendekatan Chordal Dalam Improvisasi Saksofon Alto Pada Lagu Groove In The Hole Karya Oytun Ersan

Hakim, Ilham (2024) Penerapan Teknik Slap Tonguing Dan Pendekatan Chordal Dalam Improvisasi Saksofon Alto Pada Lagu Groove In The Hole Karya Oytun Ersan. Diploma thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Ilham Maulana Hakim_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Ilham Maulana Hakim_2024_BAB 1.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Ilham Maulana Hakim_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penerapan teknik slap tonguing dan pendekatan chordal pada lagu Groove In The Hole. Permasalahan yang sering dialami oleh para improvisator adalah kurangnya pengetahuan dan eksplorasi dalam berimprovisasi sehingga kerap terdengar monoton dan improvisator tidak mengerti apa yang telah dimainkan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami cara konsep teknik slap tonguing dan pendekatan chordal dalam menunjang permainan improvisasi saksofon alto. Teknik slap tonguing dapat memberikan efek suara perkusi sehingga terdengar lebih hidup dan memberikan nuansa khas dalam gaya permainan saksofon alto, sedangkan pendekatan chordal membantu improvisator dalam menciptakan kalimat improvisasi yang harmonis dan variatif. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus berupa penerapan teknik slap tonguing dan pendekatan chordal dalam improvisasi saksofon alto. Eksplorasi meliputi langkah-langkah sebagai berikut: 1) Menentukan topik penelitian 2) pengumpulan (jurnal, buku, audio visual) 3) Analisis data 4)) Eksplorasi 5) Latihan 6) Konser 7) Analisis saksofon dalam konser resital akhir 8) Laporan penelitian. Proses menganalisis dilakukan dalam mengkonsep teknik slap tonguing dan pendekatan chordal pada lagu Groove in the Hole karya Oytun Ersan. Setelah melakukan menganalisis data improvisasi, dilakukan eksplorasi pribadi secara mendalam. Proses eksplorasi dalam penelitian ini merupakan hal yang penting, yang dilakukan dalam mengeksperimentasi improvisasi yaitu menciptakan dialog tanya jawab dengan memainkan ide kalimat tanya pada register nada rendah menggunakan teknik slap tonguing kemudian merespon kalimat jawab dengan register nada tinggi menggunakan licks pendekatan chordal sebagai jembatan menuju birama selanjutnya yang bertujuan untuk menciptakan ilusi interaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Hakim, Ilhamnim19002090134
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSanjaya, Singgihnidn0007096209
ContributorTaryadi, Radennidn0020125802
Department: KODEPRODI91321#PENYAJIAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: slap tonguing, improvisasi, chordal, saksofon alto
Subjects: Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Ilham maulana hakim
Date Deposited: 03 Apr 2024 07:06
Last Modified: 03 Apr 2024 07:06
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16550

Actions (login required)

View Item View Item