Kurniawan, Andrian Rohmad (2023) Analisis Komposisi Fotografi Iklan Produk Akun Instagram Erigo-X. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Andrian Rohmad Kurniawan_2023_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Andrian Rohmad Kurniawan_2023_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
Andrian Rohmad Kurniawan_2023_BAB I Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
Andrian Rohmad Kurniawan_2023_BAB V Penutup.pdf Download (755kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) | Request a copy |
Abstract
Produk busana merek lokal Indonesia cukup beragam.Era digital mengubah strategi pemasaran ke media sosial. Instagram sebagai platform yang populer di kalangan masyarakat. Salah satu merek bernama Erigo menggunakan Instagram sebagai media untuk memasarkan produknya. Diawali pada tahun 2021 Erigo mengikuti ajang New York Fashion Week untuk kali pertama dari merek lokal Indonesia. Saat mengikuti acara tersebut, Erigo menciptakan akun Instagram baru bernama Erigo-X dengan menampilkan sebuah konsep, visual, dan konten dengan gaya internasional. Penciptaan visual iklan dalam unggahan Instagram Erigo-X sangat penting dalam visualisasi iklan produk. Visual produk didasari oleh unsur-unsur ilmu dari komposisi fotografi. Komposisi fotografi yang menarik dan kreatif akan meningkatkan suatu minat dan ketertarikan bagi konsumen mengambil keputusan dalam pembelian suatu produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, menghitung populasi, dan menentukan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi foto dengan rentang waktu unggahan Maret hingga September 2021. Ditemukan data populasi sejumlah 120 foto unggahan dengan mengklasifikasi kembali menggunakan kategori dari teori komposisi fotografi. Objek penelitian ini mengambil sejumlah lima karya foto yang mewakili dari segi unsur visual untuk dianalisis dan dikaji. Hasil dari penelitian analisis foto sampel mewakili teori komposisi fotografi dari segi garis, yaitu horizonal, vertikal, dan diagonal. Dari komposisi warna terdapat pakaian mencolok untuk segmen remaja dan busana warna gelap bagi segmen dewasa. Komposisi menggunakan pola pengulangan, sudut dan teknik pengambilan gambar bervariasi seperti rata mata, sudut tinggi dan rendah. Akan tetapi terdapat kekurangsesuaian dalam konsistensi dan variasi penciptaan visual iklan dari keseluruhan jumlah populasi. Perbedaan dengan merek induknya Erigo, Erigo-X merek busana bergaya semi formal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91271#FOTOGRAFI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | komposisi fotografi, iklan produk, Instagram, Erigo-X | |||||||||
Subjects: | Fotografi Fotografi > fotografi komersial |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Fotografi | |||||||||
Depositing User: | Andrian Rohmad Kurniawan | |||||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2024 08:32 | |||||||||
Last Modified: | 25 Apr 2024 08:33 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16597 |
Actions (login required)
View Item |