Merupa Bali: Sepilah Jejak Estetika Perupa Diaspora Bali di Yogyakarta

Sucitra, I Gede Arya and Lasiyo, Lasiyo (2023) Merupa Bali: Sepilah Jejak Estetika Perupa Diaspora Bali di Yogyakarta. Badan Penerbit ISI Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-623-5884-23-3

[img] Text (Representasi estetika seniman diaspora Bali di Yogyakarta yang tergabung dalam komunitas seni Sanggar Dewata Indonesia memiliki kekayaan refleksi dalam kekaryaannya melalui pengayaan nilai-nilai lokalitas Bali, filsafat agama Hindu, dan estetika)
2023- BUKU-Merupa Bali - Ebook - 2023_I gede arya sucitra & lasiyo.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Representasi estetika seniman diaspora Bali di Yogyakarta yang tergabung dalam komunitas seni Sanggar Dewata Indonesia memiliki kekayaan refleksi dalam kekaryaannya melalui pengayaan nilai-nilai lokalitas Bali, filsafat agama Hindu, hingga dialektika wacana dengan pendidikan modern akademik yang didapatkan di perguruan tinggi seni khususnya di ISI Yogyakarta. Seni dalam estetika Hindu mengandung tiga hal, yaitu kejujuran/kebenaran (satyam), kesucian/ilahi (sivam), dan keindahan/rasa kelegaan (sundaram). Dengan kemampuan dan rasa ‘seni’ tersebut, seniman dapat menciptakan suatu karya seni yang menggugah perasaan, mempersembahkan sesuatu yang mampu menerjemahkan ide abstrak (dalam pikiran) menjadi benda visual dan mampu mewujudkan dari keadaan kosong menjadi meng-ada (being). Seniman diaspora Bali di Yogyakarta pada hakikatnya menerjemahkan bahasa metafisik alam (sekala-niskala), sebagai jembatan antara teks spiritual pada penubuhannya dalam karya seni berdimensi sehingga dapat dikatakan karya seni adalah pesan dengan berbagai teks, perlambang, metafora, dan simbol.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sucitra, I Gede Aryanidn0008068007
Lasiyo, LasiyoUNSPECIFIED
Subjects: Karya Dosen
Seni Murni > Seni Lukis
Seni Murni > Seni Patung
Penciptaan dan pengkajian seni
Tata kelola seni
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Lukis
Depositing User: I Gede Arya Sucitra
Date Deposited: 20 May 2024 03:13
Last Modified: 20 May 2024 03:13
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16681

Actions (login required)

View Item View Item