Pkm Pada Kelompok Perajin Batik Di Desa Pandanrejo Kecamatan Kaligesing Melalui Pengembangan Desain, Manajemen Usaha, Dan Pengembangan Sistem Pemasaran Digital

Kusumawati, Toyibah and Jauharia Hatta H, Atika and Marwanta, Y. Yohakim (2023) Pkm Pada Kelompok Perajin Batik Di Desa Pandanrejo Kecamatan Kaligesing Melalui Pengembangan Desain, Manajemen Usaha, Dan Pengembangan Sistem Pemasaran Digital. Project Report. ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Laporan Akhir PKM_TOYIBAH_ISI YOGYAKARTA FINAL KIRIM FIX.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan UKM kelompok batik di Kecamatan Kaligesing, yaitu UKM Kelompok Batik Metha Sembagi Pandanrejo, yang diketuai oleh Kanthi Widiyati. Kelompok Batik Metha Sembagi Pandanrejo memiliki beberapa permasalahan dalam bidang produksi yaitu desain motif batik yang masih terlalu monoton dan kurang menarik, serta peralatan produksinya belum memadai, diantaranya loyang yang digunakan untuk proses pengecapan ukurannya kecil. Permasalahan lainnya berkaitan dengan masalah manajemen keuangan, yaitu belum adanya pembukuan akuntansi yang resmi dan hanya sekedar catatan saja. Permasalahan selanjutnya adalah masalah di bidang manajemen pemasaran, yaitu belum adanya website internet untuk mempromosikan dan menjual produk, karena selama ini pemasaran masih bersifat lokal, yang dilakukan hanya melalui mulut ke mulut serta media sosial WA saja. Solusi yang diberikan pengabdi untuk mengatasi masalah desain yang masih monoton, pengabdi akan melatih dan melakukan pendampingan membuat desain motif batik yang inovatif untuk meningkatkan minat pembeli, serta menambahkan alat berupa loyang cap. Guna mengatasi permasalahan pembukuan, pengabdi akan memberikan pelatihan dan pendampingan pembukuan akuntansi baik secara manual maupun komputerisasi sederhana, sehingga UKM dapat melakukan menentukan harga jual dengan baik, mengetahui laba yang diperoleh usahanya secara pasti. Untuk mengatasi pemasaran yang masih terbatas, PKM akan mengembangkan website pemasaran bekerjasama dengan mitra UKM. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pelatihan dan supervisi yang partisipatif, mitra akan selalu dilibatkan dalam setiap tahapan kegiatan. Hasil yang telah dicapai adalah UKM mampu membuat desain motif batik yang lebih menarik, memiliki peralatan yang memadai untuk produksi, mampu membuat laporan keuangan yang baik untuk mengelola keuangannya, serta memiliki website internet agar dapat memperluas jangkauan pemasarannya. Target luaran kegiatan pengabdian ini adalah artikel publikasi pada jurnal ber- ISSN, artikel publikasi pada media massa cetak/elektronik, video kegiatan, peningkatan keberdayaan mitra, alat pemasaran berupa website internet, serta hak cipta atas desain motif batik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kusumawati, Toyibahnidn0003017105
Jauharia Hatta H, Atikanidn0506027501
Marwanta, Y. Yohakimnidn0026108101
Uncontrolled Keywords: Batik Pandanrejo; akuntansi UKM; pemasaran online; desain motif batik; manajemen UKM
Subjects: Kriya > Batik dan fashion
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > D3 Batik dan Fashion
Depositing User: Agustiawan Agustiawan
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:55
Last Modified: 12 Jun 2024 06:55
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16706

Actions (login required)

View Item View Item