Pemasaran Desa Wisata Kalibuntung Dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bantul

Yohana Ari Ratnaningtyas, NIP and Agnes Widyasmoro, NIP (2016) Pemasaran Desa Wisata Kalibuntung Dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bantul. Jurnal kepariwisataan Indonesia, 11 (1). pp. 1-24. ISSN 1907 - 9419

[img]
Preview
Text
01.JKI. Vol. 11 No. 1 Juni 2016.Yohana dan Rekan. Pemasaran Desa Wisata Kalibuntung.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi JKI. Vol. 10 No. 1 Juni 2016.pdf

Download (76kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.acid

Abstract

Pengembangan desa wisata belum mencapai hasil yang optimal, terhadap kondisi ekonomi, sosial budaya dan lingkungan. Oleh karena itu diperlukan strategi yang efektif melalui penyadaran dan pemberdayaan masyarakat di Kalibuntung akan arti pentingnya pengembangan desa wisata.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai potensi di desa wisata Kalibuntung, bagaimana strategi pemasaran, mengetahui partisipasi dan pemberdayaan masyarakat serta dukungan dari pemerintah dalam mengembangkan pariwisata di Bantul. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif, deskriptif analitis. Data diperoleh dengan teknik: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran yang efektif menggunakan jejaring media sosial karena sebagian besar pengurusnya anak muda yang akrab dengan media sosial. Adapun simpulannya adalah jangkauan wisatawan yang datang masih terbatas di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, sehingga masih terbuka peluang untuk dikembangkan ke berbagai daerah dan menyasar wisatawan mancanegara. Rekomendasi yang disarankan adalah perlu meningkatkan kerjasama dengan pemangku kepentingan seperti biro perjalanan, hotel dan perlu melibatkan masyarakat setempat serta adanya dukungan dari pemerintah agar pengembangan dan pemasaran desa wisata ini dapat meningkat.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsNIM
Yohana Ari Ratnaningtyas, NIPUNSPECIFIED
Agnes Widyasmoro, NIPUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pemasaran,desa wisata, pengembangan
Subjects: Televisi > Televisi
Journal dan Terbitan Berkala
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 18 May 2017 06:09
Last Modified: 18 May 2017 06:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item View Item