Estetika Teater Tubuh Di Indonesia Dalam Prespektif Teater Miskin (Poor Theatre) Jerzy Grotowski: Studi Kasus Teater Kubur (Jakarta) Dan Teater Payung Hitam (Bandung)

Purwanto, Purwanto and Arum Narwastu Jati, Glagah (2022) Estetika Teater Tubuh Di Indonesia Dalam Prespektif Teater Miskin (Poor Theatre) Jerzy Grotowski: Studi Kasus Teater Kubur (Jakarta) Dan Teater Payung Hitam (Bandung). ISI Yogyakarta, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Purwanto_2022_FullText.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I_Purwanto_2022.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB VI_Purwanto2022.pdf

Download (433kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Teater tubuh atau nonverbal di Indonesia berkembang pesat sesudah Rendra danBengkel Teater 1967 mementaskan Bipbop di Jakarta. Putu Wijaya sebagai salah satupemain pada teater mini kata kemudian juga membuat teater nonverbal atau teater tubuh atau tear improvisasi seperti Tai, Ah, dan Lho. Teater Mandiri membawakan sebuahpertunjukan tanpa dialog berjudul Lho pada November 1975 di Teater Arena, TamanIsmail Marzuki. Bambang Bujono mencatat pementasan Lho menggebrak kita dengancara yang sebelumnya tak dilakukan grup teater mana pun. Lho ‘hanyalah’ pemain yangbergerak ke sana kemari, dengan payung-payung, lampion, kayu, bambu, tali topeng, danondel-ondel, juga oncor. Lalu gerobak dan musik terdengar ribut bak mengiringi topengmonyet di jalan-jalan itu dan mendadak ngungun terdengar tembang Bali [1]. Sejak itu,konsep teater bertolak dari yang ada dipaparkan Putu Wijaya sebagi kredo teaterbertolak dari yang ada. Model teater tubuh di Indonesia berkembang di bebergai grupteater antara lain Teater Payung Hityam dan Teater Kubur.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Purwanto, Purwantonip19650203 200312 1 001
Arum Narwastu Jati, Glagahnim1810947014
Uncontrolled Keywords: Estetika Teater Tubuh, Teater Miskin (Poor Theatre), Teater Kubur (Jakarta),Teater Payung Hitam (Bandung)
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:24
Last Modified: 24 Jul 2024 08:24
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16762

Actions (login required)

View Item View Item