Efek Pencahayaan, Warna Latar, Dan Warna Obyek 2 Dimensi Terhadap Persepsi Visual Keruangan Dan Kedalaman Obyek Pada Pameran Virtual

Kodrat Prasetyaningsih, Yulyta and Octavianus, Cahyono Priyanto and Jhonnatan, Wensen (2022) Efek Pencahayaan, Warna Latar, Dan Warna Obyek 2 Dimensi Terhadap Persepsi Visual Keruangan Dan Kedalaman Obyek Pada Pameran Virtual. ISI Yogyakarta, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Yulyta Kodrat Prasetyaningsih_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I_Yulyta Kodrat Prasetyaningsih_2022.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB VI_Yulyta Kodrat Prasetyaningsih.pdf

Download (432kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

RINGKASAN Pameran virtual di dunia pendidikan seni menjadi salah satu media bagi dosen, mahasiswa, dan seniman untuk tetap eksis memamerkan hasil karyanya kepada stakeholder. Berbagai media digunakan untuk menyajikan pameran virtual tersebut. Permasalahan utama dalam penyajian pameran virtual tersebut adalah pengguna kurang merasakan kedalaman ruang dan obyek 2 dimensi yang dipamerkan sehingga informasi visual tersebut memberikan persepsi visual yang berbeda ketika obyek 2 dimensi tersebut ditampilkan secara nyata. Tujuan penelitian ini mengembangkan komposisi visual yang ditentukan oleh jenis pencahayaan, warna latar, dan warna obyek 2 dimensi agar memberikan persepsi visual keruangan dan kedalaman obyek virtual. Urgensi penelitian ini adalah pengembangan pengetahuan dasar di bidang desain khususnya mengembangkan sebuah skema kategorisasi penyajian pameran virtual yang dihasilkan melalui uji simulasi dengan menggunakan aplikasi software Dialux evo dengan mempertimbangkan persepsi visual pengunjungya. Metode yang digunakan dengan membuat simulasi visual sebuah pameran virtual dengan aplikasi software Dialux evo dengan variabel jenis lampu, tata letak lampu, brightness, jenis warna latar, dan jenis warna obyek. Komposisi visual berupa rendering perspektif tersebut diujikan kepada responden melalui google form. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif berdasarkan variabel yang diujikan. Hasil penelitian ini akan menunjukkan prosentase pengaruh dari masing-masing variabel tersebut terhadap persepsi visual keruangan dan kedalaman obyek 2 dimensi, sehingga dapat menjadi indikator keberhasilan dalam mendesain sebuah pameran virtual. Luaran penelitian ini berupa artikel jurnal yang terdaftar di jurnal Sinta 4 dan artikel ilmiah yang terdaftar di forum seminar nasional. Penelitian ini menerapkan TKT level 2 yaitu berupa Formulasi Konsep dan atau aplikasi teknologi menggunakan Dialux-Evo.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kodrat Prasetyaningsih, Yulytanip197007272000032001
Octavianus, Cahyono Priyantonip197010172005011001
Jhonnatan, Wensennim1912233023
Uncontrolled Keywords: Pencahayaan, Warna, Persepsi Visual, Pameran, Virtual
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:45
Last Modified: 26 Jul 2024 08:45
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16774

Actions (login required)

View Item View Item