Pengembangan Pendidikan Musik di Sekolah Musik Yogyakarta Dalam Konteks Tata Kelola Seni

Purwaningrum, Elisabeth (2024) Pengembangan Pendidikan Musik di Sekolah Musik Yogyakarta Dalam Konteks Tata Kelola Seni. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
ELISABETH ESTI RATNA P_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
ELISABETH ESTI RATNA_2024_BAB I.docx

Download (1MB)
[img] Text
ELISABETH ESTI RATNA P_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
ELISABETH ESTI RATNA P_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (180kB)
[img] Text
ELISABETH ESTI RATNA P_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan pendidikan musik di Sekolah Musik Yogyakarta dengan fokus pada tata kelola seni. Melalui pendekatan kualitatif studi kasus komparatif, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pendirian sekolah musik, membandingkan metode pengajaran musik dengan kurikulum yang mengikuti perkembangan industri musik, dan mengevaluasi kontribusi terhadap seni dan budaya di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah musik di Yogyakarta, seperti Hana Music, SMI, JMS, YMS, dan PCMS, didirikan untuk memberikan pendidikan musik berkualitas, mengembangkan bakat musikal, dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, sejalan dengan konsep aktualisasi diri dalam teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow. Metode pengajaran beragam antara sekolah musik tersebut, namun semuanya menekankan pertunjukan langsung dan pengembangan nilai-nilai karakter seperti disiplin dan kerja keras. Upaya pengembangan tata kelola seni di sekolah musik Yogyakarta melibatkan kerjasama dengan pihak terkait, pengembangan kurikulum inovatif, penekanan pada pendidikan karakter, kolaborasi dengan pihak eksternal, kontribusi pada industri musik dan seni melalui festival dan kompetisi, serta pelatihan profesional guru dan staf sekolah musik. Implikasi penelitian ini mencakup penyesuaian kurikulum, pengembangan soft skills dan karakter, kolaborasi, serta pengembangan profesionalisme guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan musik di Yogyakarta. Kesimpulannya, pendidikan musik di Sekolah Musik Yogyakarta tidak hanya bertujuan memberikan pendidikan musik berkualitas, tetapi juga mengembangkan bakat musikal siswa, menciptakan komunitas musik yang dinamis, serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan tata kelola seni di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Purwaningrum, Elisabeth2220238420
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTyasrinestu, Fortunatanidn002317201
Department: KODEPRODI91102#TATAKELOLASENI
Uncontrolled Keywords: pendidikan musik, kurikulum, metode pembelajaran, sekolah musik Yogyakarta, tata kelola seni,studi komparatif
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: Elisabeth Esti Ratna P
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:23
Last Modified: 29 Jul 2024 04:24
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16786

Actions (login required)

View Item View Item