Perancangan Purwarupa Gim Rekabastra Sebagai Kognisi Kesusastraan Pegon

Meylano, Reffen Garry (2024) Perancangan Purwarupa Gim Rekabastra Sebagai Kognisi Kesusastraan Pegon. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Reffen_Garry_Meylano_2024_FULL_TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
Reffen_Garry_Meylano_2024_BAB_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Reffen_Garry_Meylano_2024_BAB_PENUTUP.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Reffen Garry Meylano_2024_PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
Refen_Garry_Meylano_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Bentuk kebahasaan dan keaksaraan Pegon dewasa ini mengalami kemunduran jumlah penutur muda. Salah satu faktor yang melatarbelakangi hal tersebut adalah kehadiran bahasa Indonesia sebagai lingua franca yang ditambah dampak negatif dari perkembangan media yang mempersempit jarak nyata antar ruang bersosialisasi. Dengan munculnya ruang baru yang lebih luas dan interaksi sosial dengan banyak orang maka naturalnya lingua franca yang mudah dipelajari dan paling banyak penuturnya yang akan mendominasi. Ditambah dengan pandangan masyarakat yang bias terhadap keaksaraan Pegon yang secara konvensi penulisan menggunakan aksara hijaiyah. Perancangan purwarupa game ini bertujuan untuk menimbulkan rasa ketertarikan akan media kesusastraan Pegon dengan berusaha memanfaatkan media yang lekat dengan kalangan remaja. Perancangan purwarupa dibuat dengan awàngan dapat dimainkan sebagai gim PC, yang mana data jumlah penggunaan dan lama penggunaan piranti untuk bermain gim paling stabil. Data tentang bentuk keaksaraan Pegon dan data tentang pembelajaran kesusastraan aksara Pegon di lingkungan masyarakat umum kemudian dikumpulkan dan dianalisis melalui metode 5W+1H yang dari data tersebut, didapatkan sebuah konsep purwarupa yang nantinya dapat dijadikan media gim digital. Dalam konsep purwarupa yang dirancang mencoba untuk mengaplikasikan konsep mengenal, membaca, dan menulis dalam sebuah kemasan unsur-unsur visual yang sederhana serta konsep implementasi eksplorasi cerita. Dengan dirancangnya media game digital ini diharapkan dapat mempenetrasi kalangan remaja yang lekat dengan media game untuk mendorong dirinya untuk mencari dan mempelajari lebih dalam kesusastraan Pegon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Meylano, Reffen Garrynim1712471024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
ContributorHaryanto, Andinidn0025118007
Department: KODEPRODI002005#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Pegon, Terancam, Gim, Pembelajaran.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Reffen Garry Meylano
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:07
Last Modified: 30 Jul 2024 08:07
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16796

Actions (login required)

View Item View Item