Arsytha, RR. Nadya (2024) Penandaan Warna pada Angklung dan Notasi Angka untuk Meningkatkan Pemahaman Bermain Angklung pada Siswa. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
RR. Nadya Arsytha_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RR. Nadya Arsytha_2024_BAB I.pdf Download (7MB) |
|
Text
RR. Nadya Arsytha_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (660kB) |
|
Text
RR. Nadya Arsytha_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) | Request a copy |
Abstract
Penandaan warna dalam ekstrakurikuler angklung dapat menambah pemahaman siswa dalam bermain angklung karena memberikan petunjuk visual yang jelas terkait dengan nada atau not musik yang harus dimainkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler angklung di SD Negeri 1 Sewon. Dalam konteks ini, penggunaan media penandaan warna pada angklung dan notasi angka dapat membantu siswa memahami permainan angklung dengan lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Negeri 1 Sewon, Yogyakarta, dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek penelitian adalah siswa kelas dua dan tiga yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler angklung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media penandaan warna mampu mempercepat pemahaman siswa dalam memainkan lagu-lagu pada instrumen angklung, bahkan untuk lagu-lagu yang belum pernah mereka mainkan sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI187121#PENDIDIKAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Ekstrakurikuler Angklung, Media Penandan warna | |||||||||
Subjects: | Seni Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | RR. Nadya Arsytha | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:13 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:13 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16909 |
Actions (login required)
View Item |