Tasyauf Qodriana, Melina (2024) Perancangan Interior Kantor PNM Cabang Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
MELINA TASYAUF QODRIANA_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (141MB) | Request a copy |
|
Text
MELINA TASYAUF QODRIANA_2024_BAB I.pdf Download (141MB) |
|
Text
MELINA TASYAUF QODRIANA_2024_BAB V.pdf Download (141MB) |
|
Video
MELINA TASYAUF QODRIANA_2024_KARYA.mp4 Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
MELINA TASYAUF QODRIANA_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
Abstract
PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau disingkat "PNM" memiliki 68 cabang yang tersebar di Indonesia. Pada kantor cabang di Yogyakarta yang membawahi 44 unit anak perusahaan PNM yaitu terdiri dari ULaM dan Mekaar yang tersebar di wilayah DIY. Kantor PNM cabang Yogyakarta memiliki luas bangunan 680 m2 dengan pegawai berjumlah 60 orang. Ruangan atau interior sebagai supporting pekerjaan dalam kantor ini termasuk dalam kategori yang tidak cukup luas untuk bekerja secara produktif. Dalam suasana kantor, selain ditujukan untuk pegawai interior kantor juga penting untuk membangun kepercayaan tamu. Pada kasus ini kantor harus memiliki citra identitas yang baik untuk membangun presepsi, kesan, dan kepercayaan pada PNM cabang Yogyakarta. Sehingga orang yang berada dalam kantor menjadi lebih mudah untuk percaya bahwa PNM cabang Yogyakarta melakukan pekerjaan yang terbaik demi nasabah mereka. Masalah yang diidentifikasi dalam perancanagan kantor ini yaitu, bagaimana mendesain interior kantor PNM secara ‘Madani’ yaitu meningkatkan kinerja dan kenyamanan pengguna ruang yang memiliki citra identitas PNM cabang Yogyakarta dengan merepresentasikan produk unggulan UMKM DIY ? Perancangan kantor PNM cabang Yogyakarta akan menggunakan metode desain double diamond dari design council, yang memiliki 4 (empat) fase dalam proses mendesain, yaitu Discover (Fase Pencarian Masalah), Define (Fase Definisi Masalah), Develop (Fase Pengembangan Masalah), dan Deliver (Fase Penyampaian Masalah). Konsep desain interior kantor PNM secara ‘Madani’ yaitu meningkatkan kinerja dan kenyamanan pengguna ruang, dipecahkan dengan mengambil beberapa arti kata madani yang terpilih dengan merepresentasikan produk UMKM yaitu warung kelontong diantaranya bebas, maju, fleksibel, dan seimbang sehingga menampilkan desain open office interior ruang. Permasalahan desain interior dengan citra identitas PNM cabang Yogyakarta dengan merepresentasikan produk unggulan UMKM DIY ditemukan dengan menambahkan elemen estetis dari batik kawung khas Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90221#DESAIN INTERIOR | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Produktivitas, Kantor Keuangan, Identitas | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Interior | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior | |||||||||
Depositing User: | Melina Tasyauf Qodriana | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 06:41 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 06:41 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16963 |
Actions (login required)
View Item |