Perancangan Brand Identity Biyung Sebagai Organisasi yang Bergerak di Bidang Kesehatan Reproduksi Perempuan dan Lingkungan

Wening Astuti, Benedikta (2024) Perancangan Brand Identity Biyung Sebagai Organisasi yang Bergerak di Bidang Kesehatan Reproduksi Perempuan dan Lingkungan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BENEDIKTA WENING ASTUTI_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45MB) | Request a copy
[img] Text
BENEDIKTA WENING ASTUTI_2024_BAB 1.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BENEDIKTA WENING ASTUTI_2024_KARYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BENEDIKTA WENING ASTUTI_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
BENEDIKTA WENING ASTUTI_2024_BAB V.pdf

Download (725kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Organisasi Biyung adalah sebuah organisasi yang memiliki misi untuk mewujudkan kesejahteraan perempuan dan pelestarian lingkungan. Biyung menginisiasi gerakan “Perempuan Bantu Perempuan Akhiri Kemiskinan Menstruasi” dengan mengembangkan program edukasi, pendampingan kelompok produksi, dan penggalangan donasi, yang semuanya menggunakan pembalut kain sebagai media utamanya. Dalam menjalankan programnya Biyung harus memiliki kredibilitas dan citra organisasi sebagai modal utama untuk mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, baik untuk berkolaborasi maupun dukungan pendanaan. Kredibilitas organisasi dapat dinilai salah satunya dari program yang dijalankan Biyung. Sedangkan citra organisasi dapat dilihat dari visual identitas organisasi, salah satunya logo. Biyung sudah memiliki program yang baik untuk mendukung kredibilitasnya, namun logo sebagai visual identitas organisasi Biyung belum merepresentasikan citra yang ingin ditampilkan. Citra serta nilai yang sudah dibangun belum tersampaikan dengan maksimal. Karena itulah perancangan identitas visual berupa brand identity sangat dibutuhkan untuk merepresentasikan nilai dan misi yang ingin dicapai organisasi Biyung. Perancangan brand identity yang dilakukan adalah pembuatan logo baru dan pengaplikasiannya pada media-media pendukung, serta pembuatan Graphic Standard Manual (GSM) sebagai pedoman visual yang dapat membantu organisasi Biyung dalam pengaplikasian logo dan turunannya secara konsisten. Tujuan dari perancangan brand identity adalah untuk menciptakan bentuk identitas visual yang baru yang dapat meningkatkan brand awareness Biyung sebagai organisasi yang bergerak di bidang edukasi kesehatan reproduksi perempuan dan lingkungan. Dengan meningkatnya brand awareness, maka akan semakin meningkat pula dukungan untuk mencapai misi organisasi Biyung, yaitu perempuan sejahtera dan lingkungan lestari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Wening Astuti, Benediktanim1912576024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBangsa, P. Gogornidn0006017002
ContributorUtama, Adityanidn0009098410
Department: KODEPRODI90241#DESAINKOMUNIKASIVISUAL
Uncontrolled Keywords: Brand identity, logo, pedoman visual, perempuan dan kesehatan menstruasi
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: BENEDIKTA WENING ASTUTI
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:41
Last Modified: 31 Jul 2024 03:44
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16995

Actions (login required)

View Item View Item