Marzuqi Mubarok, Wafiq (2024) Representasi Indonesia dalam Serial TV The Last of Us (Kajian Semiotika Roland Barthes). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
WAFIQ MARZUQI MUBAROK_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
WAFIQ MARZUQI MUBAROK_2024_BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
WAFIQ MARZUQI MUBAROK_2024_BAB V.pdf Download (904kB) |
|
Text
WAFIQ MARZUQI MUBAROK_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Film merupakan salah satu bentuk seni audio visual. Selain sebagai media hiburan dan sarana efektif untuk menyampaikan pesan, film dapat merepresentasikan suatu hal yang dapat membantu memperkuat identitas suatu budaya, menginspirasi orang-orang untuk belajar lebih banyak tentang sosial budaya atau tradisi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap representasi Indonesia sebagai sebuah negara dalam serial TV "The Last of Us" melalui analisis semiotika Roland Barthes yang mencakup 2 tingkat pemaknaan, yaitu denotasi dan konotasi yang kemudian akan dilanjut kepada mitos. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif interpretatif, penelitian ini berfokus pada beberapa adegan spesifik yang berlatar Indonesia dalam serial tersebut. Melalui analisis mendalam, penelitian ini berusaha memahami bagaimana elemen-elemen visual dan naratif dalam serial ini membentuk makna denotatif (makna literal), konotatif (makna tersirat), dan mitos (makna lebih dalam yang terkait dengan ideologi dan budaya). Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi Indonesia dalam "The Last of Us" mengandung berbagai stereotip dan pandangan yang kompleks, yang pada akhirnya dapat berperan dalam pembentukan citra Indonesia dan mempengaruhi persepsi penonton mengenai bangsa Indonesia secara keseluruhan. Temuan ini penting karena representasi media memiliki kemampuan untuk memperkuat atau mengubah stereotip dan persepsi masyarakat luas tentang suatu negara, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi persepsi yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Indonesia, Serial TV, The Last of Us, Semiotika | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Wafiq Marzuqi Mubarok | |||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:44 | |||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2024 06:28 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17174 |
Actions (login required)
View Item |