Tamtomo Seto Panggalih, 1011484013 (2017) Pembelajaran Etude 80 Graded Studies Pada Siswa Klarinet Kelas X Di SMKN II Kasihan, Bantul, Yogyakarta Tahun Ajaran (2015/2016). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
1 BAB 1.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
2 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
3 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
4 BAB 4.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
5 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (766kB) | Preview |
|
Text
6 Lamp.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
JURNAL - TAMTOMO SETO PENGGALIH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kasihan, Bantul, Yogyakarta merupakan salah satu sekolah musik di Indonesia dengan bidang keahlian seni musik klasik. Instrumen klarinet merupakan salah satu instrumen pokok dalam menempuh pendidikan di SMKN 2 Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Etude merupakan salah satu materi pokok pembelajaran klarinet, etude yang digunakan pada pembelajaran klarinet siswa X tahun ajaran 2015/2016 SMKN 2 Kasihan, Bantul, Yogyakarta adalah 80 Graded Studies. Pembelajaran etude 80 Graded Studies untuk delapan siswa klarinet kelas X diampu oleh satu guru yang dilakukan tiga kali pertemuan dalam satu minggu dengan durasi dua jam. Melihat banyaknya jumlah murid yang tidak sebanding dengan alokasi waktu pembelajaran tersebut, maka seorang guru dituntut mampu menyelesaikan permasalahan yang ada melalui proses pembelajaran dalam penggunaan suatu metode. Pembahasan utama karya tulis ini adalah metode dan proses Pembelajaran etude 80 Graded Studies untuk siswa instrumen klarinet kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Penulisan karya tulis ini menggunakan deskriptif analisis dengan memanfaatkan data kualitatif, data yang diperoleh diamati dan dikaji secara sistematis sehingga menghasilkan karya tulis. Metode pengajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar etude 80 Graded Studies adalah metode ceramah, metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode latihan dan metode penugasan. Proses pembelajaran etude 80 Graded Studies menggunakan bentuk kelompok dan individual. Hasil pembelajaran etude 80 Graded Studies bermanfaat bagi perkembangan keterampilan siswa dalam melatih teknik-teknik klarinet maupun keterampilan membaca repertoar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | 1. Tri Wahyu Widodo 2. Suryati | ||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Etude 80 Graded Studies, Klarinet | ||||
Subjects: | Seni Musik | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 31 May 2017 06:05 | ||||
Last Modified: | 31 May 2017 06:05 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1718 |
Actions (login required)
View Item |